HomeIbu Dan anakKesehatan BayiSi Kecil Alergi Susu, Bolehkah Makan Biskuit?
Kesehatan Bayi

Si Kecil Alergi Susu, Bolehkah Makan Biskuit?

dr. Dyah Novita Anggraini, 08 Agu 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Si Kecil yang alergi susu tentunya boleh makan biskuit, asalkan mematuhi ketentuan berikut.

Si Kecil Alergi Susu, Bolehkah Makan Biskuit?

Si Kecil kesayangan didiagnosis memiliki alergi susu sapi. Bunda pun khawatir makanan atau nutrisi untuk si Kecil menjadi terbatas.

Memang, jika si Kecil alergi susu sapi, ada banyak produk turunan susu sapi yang harus dihindari. Sebut saja keju, mentega, es krim, yoghurt, krim, custard, puding, dan mentega. Lalu, bagaimana dengan biskuit?

Camilan biskuit tentunya dapat dikonsumsi oleh si Kecil, asalkan bahannya tidak terbuat dari susu sapi dan produk turunannya. Bunda dapat membuat sendiri biskuit tersebut dengan menggunakan susu kedelai, susu almon, atau susu beras.

Sedangkan untuk bahan tambahan pembuatan biskuit, jika memang ingin menambahkan rasa keju, dapat Bunda berikan keju vegan dan minyak kelapa untuk memanggang biskuit tersebut.

Jika Bunda tak ada waktu untuk membuat sendiri, camilan biskuit ini dapat diperoleh di swalayan terdekat. Pilihlah produk biskuit yang bebas protein susu sapi. Perhatikan isi kandungan biskuit tersebut di label nutrisi yang tertera pada kemasan.

Walaupun si Kecil harus menghindari makanan yang mengandung susu sapi, bukan berarti asupan nutrisinya tidak bisa terpenuhi dengan baik. Masih banyak alternatif makanan lain yang dapat melengkapi kebutuhan gizi si Kecil. Ingat, protein dan kalsium tak hanya ada pada susu sapi, tetapi juga sayur-sayuran dan daging.

Jadi, alergi susu sapi bukanlah akhir dari segalanya. Yuk, variasikan menu si Kecil dengan beragam bahan makanan. Dan yang terpenting, tetaplah semangat untuk menjaga tumbuh kembang si Kecil!

[RS/ RH]

Alergi Susu SapiSi kecilBiskuitMakan Biskuit

Konsultasi Dokter Terkait