HomeIbu Dan anakKesehatan Anak3 Sumber Kuman Tak Terduga di Sekolah
Kesehatan Anak

3 Sumber Kuman Tak Terduga di Sekolah

dr. Sara Elise Wijono MRes, 08 Agu 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sumber kuman di sekolah dapat ditemukan di tempat-tempat tak terduga. Di mana tempat-tempat tersebut?

3 Sumber Kuman Tak Terduga di Sekolah

Jika diminta menebak area mana yang menjadi sumber kuman di sekolah, apa jawaban Anda? Perlu disadari bahwa lokasi yang terdapat banyak orang berkumpul, seperti sekolah, merupakan lokasi ideal untuk kuman penyakit berkembang biak.

Lantas area mana saja di sekolah yang menjadi sumber kuman? Jawabannya ada di bawah ini:

1. Meja di kelas

Meja di kelas adalah tempat untuk anak belajar anak. Bila anak sedang sakit batuk atau bersin-bersin karena flu, kuman dapat dengan mudah menyebar ke permukaan meja. Anak juga meletakkan berbagai barang di atas meja. Barang tersebut tentu saja tidak selalu bersih. Jadi mungkin saja ada perpindahan kuman lagi dari barang bawaan anak.

2. Area olahraga

Berbagai macam peralatan olahraga seperti bola atau matras dapat menjadi sumber kuman, karena telah disentuh oleh banyak tangan. Olahraga memang menyehatkan tubuh, tetapi jangan biarkan persebaran kuman di area olahraga sekolah menyebabkan anak sakit.

3. Kantin

Jangan salah, kantin juga merupakan salah satu sumber kuman di sekolah. Kuman banyak ditemukan di piring milik kantin serta baki atau nampan untuk membawa makanan.

Perlu dipertimbangkan pula bahwa pertukaran uang saat membayar makanan juga menjadi sumber kuman. Jika lokasi kantin jarang dibersihkan, anak menjadi rentan terhadap diare.

Bagaimana, apakah tebakan Anda mengenai sumber kuman di sekolah sama dengan jawaban kami? Sebagai orang tua yang bekerja, kami tahu bahwa sulit melindungi anak dari paparan kuman yang ada di sekolah. Jadi, selalu ingatkan anak Anda untuk mencuci tangan dengan benar. Agar terhindar dari kuman.

[BA/ RH]

kumanSumber KumanKuman Di sekolah

Konsultasi Dokter Terkait