Sukses

Cegah Alergi pada Anak dengan Bahan Alami dari Dapur

Alergi pada anak dapat dicegah dengan memberikan bahan alami yang bisa didapat dari dapur Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Alergi merupakan reaksi yang tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap bahan tertentu. Saat anak menderita alergi, orangtua cenderung sering merasa khawatir. Bagaimana tidak? Alergi yang dipicu alergen bisa muncul sewaktu-waktu.

Sebenarnya alergi yang terjadi pada anak dapat ditangani dengan menghindari alergen dan memberi obat antihistamin. Namun, apabila anda juga ingin mencoba bahan-bahan alami yang ada di sekitar sebagai pencegah alergi, Anda dapat menemukannya di dapur. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Kunyit

    Bumbu dapur ini sangat mudah ditemui. Anda pun sering menggunakannya untuk bahan memasak, bukan? Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan, menurut Professor of Experimental Therapeutics di Anderson Cancer Center Houston, Bharat Aggarwal, kunyit juga diketahui memiliki efek melegakan pernafasan dan meredakan gejala alergi.

  2. Butterbur

    Butterbur merupakan sejenis tumbuhan yang dikenal dapat meringankan gejala alergi, terutama terhadap serbuk sari. Bahan herbal ini memiliki efek penghambat leukotrien, sehingga mencegah penyumbatan hidung. Penelitian mengenai butterbur ditulis dalam British Medical Journal.

  3. Jeruk nipis

    Jeruk nipis merupakan salah satu pereda alergi yang sederhana, menurut artikel di draxe.com. Diminum dengan segelas air hangat atau ditambah madu dapat mencegah timbulnya gejala alergi.

  4. Madu

    Cairan manis ini memiliki efek yang baik untuk tubuh. Gejala alergi dapat berkurang dengan mengonsumsinya setiap hari, seperti dipublikasikan di jurnal Archives of Allergy and Immunology pada tahun 2011.

  5. Cuka apel

    Saat ini, cuka apel dapat diperoleh dengan mudah. Meminum sesendok teh cuka apel dengan segelas air dapat meredakan hidung yang tersumbat, menurut artikel di newhealthguide.org. Anda juga bisa menambahkannya dengan jus lemon.

Untuk menghindari alergi, tentunya menghindari asap rokok dan menjaga kesehatan tubuh secara umum juga perlu dilakukan. Sebab, beberapa bahan tersebut dapat menimbulkan alergi, sehingga harus berhati-hati dalam penggunaannya.

Pencegahan alergi terbaik adalah dengan menghindari alergen. Beberapa bahan di sekitar kita, termasuk bumbu dapur, ternyata juga memiliki efek meringankan gejala alergi. Namun penelitian lebih lanjut terhadap bahan-bahan tersebut masih dibutuhkan untuk mengetahui tingkat keamanan dalam jangka panjang.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar