Kesehatan Anak

Pertolongan Pertama Saat Anak Terserang Alergi

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, 07 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anak yang memiliki alergi akan mengalami reaksi alergi kembali, baik ringan maupun berat.

Pertolongan Pertama Saat Anak Terserang Alergi

Alergi merupakan suatu kondisi tubuh yang bereaksi secara berlebihan dan dapat berbahaya saat berkontak dengan bahan tertentu yang disebut alergen. Alergi dapat disebabkan oleh bahan yang dimakan, dihirup, maupun disentuh kulit. Reaksinya dapat berupa gatal-gatal atau ruam.

Gejala alergi yang berat disebut dengan anafilaksi. Reaksi anafilaksi dapat menyebabkan tekanan darah menurun secara drastis atau kehilangan kesadaran.

Penyebab dan Gejala Anafilaksis pada Anak

Gejala alergi umumnya timbul dalam 5–30 menit setelah terjadi kontak dengan alergen. Hal ini terjadi karena sel-sel kekebalan tubuh bereaksi saat terjadi kontak dengan bahan tersebut, dan memicu respons berbagai organ.

Artikel lainnya: Ini Cara Tangkal Alergi Musiman

Hal terpenting untuk mencegah munculnya reaksi alergi adalah menghindari allergen secara ketat. Saat reaksi alergi telah terjadi, maka obat-obatan antihistamin dapat diberikan dengan segera.

Umumnya, individu dengan alergi perlu selalu membawa beberapa jenis obat seperti antihistamin, tetes mata, atau dekongestan untuk meringankan gejala yang muncul.

Namun, saat terjadi reaksi anafilaksi, maka penanganan yang harus segera diberikan adalah suntikan epinefrin (adrenalin), yang saat ini belum dapat diperoleh dengan bebas. Pemberian suntikan epinefrin dilakukan di fasilitas kesehatan.

Efek Suntik KB 3 Bulan

Sesuai rekomendasi American College of Allergy, Asthma, and Immunology, saat terjadi reaksi anafilaksi, anak harus segera dibawa ke unit gawat darurat. Penanganan reaksi alergi yang tepat waktu akan menghindarkan akibat-akibat yang tidak diinginkan.

Agar tidak mengalami alergi, anak perlu menghindari kontak dengan alergen. Saat terjadi reaksi alergi, obat-obatan seperti antihistamin, dapat menjadi pertolongan pertama yang tepat. Namun, bila terjadi reaksi berat atau anafilaksi, anak perlu mendapatkan suntikan epinefrin dan segera dibawa ke unit gawat darurat.

[BA/ RH]

Artikel lainnya: Waspada, Alergi Dingin Bisa Sebabkan Kematian!

AnakPertolongan Pertamaanak alergiAlergi

Konsultasi Dokter Terkait