Kesehatan Anak

Inilah 5 Penyakit Khas Anak Sekolah

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, 31 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat anak mulai masuk sekolah, Anda juga harus mewaspadai beberapa penyakit yang kerap menyerang anak di tempat belajarnya.c

Inilah 5 Penyakit Khas Anak Sekolah

Lingkungan sekolah dapat menjadi tempat penyebaran penyakit. Jumlah anak yang banyak di dalam satu ruangan, interaksi yang terjadi sepanjang hari, serta pemakaian permainan secara bersama-sama menjadi beberapa faktor penularan penyakit.

Berikut ini beberapa penyakit khas anak sekolah:

  1. SelesmaSelesma merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan paling sering dikeluhkan anak. Gejalanya yaitu batuk, pilek, nyeri saat menelan, dan kadang disertai dengan demam ringan.Namun selesma bukanlah kondisi yang membutuhkan pengobatan berlebihan. Cukup dengan banyak minum dan istirahat, penyakit ini akan sembuh sendiri dalam 4–7 hari.Parasetamol dapat diberikan bila anak merasa tidak nyaman akibat demam. Lazimnya, anak usia sekolah dapat mengalami selesma sebanyak 8–10 kali dalam setahun.
  2. Cacar airPenyakit cacar air atau varicella disebabkan oleh virus dan dapat sembuh sendiri dalam 7–10 hari. Gejalanya meliputi demam yang diikuti dengan bentol-bentol di kulit berisi cairan yang terasa gatal.Pengobatan yang diberikan meliputi parasetamol untuk demam, dan antihistamin untuk mengurangi gatal. Cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan pemberian vaksin.
  3. CampakSaat anak mengalami demam, batuk, pilek, mata merah, dan diikuti dengan ruam merah di kulit, orang tua patut mencurigai infeksi campak.Pengobatan menggunakan parasetamol untuk demam, vitamin A, serta istirahat yang cukup, akan membantu mengatasi campak dalam 7–14 hari. Penyakit ini juga dapat dicegah dengan imunisasi.
  4. GondonganGondongan adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan mudah menular, tetapi ringan dan akan sembuh sendiri setelah sekitar dua minggu. Gejalanya yaitu demam dan pembengkakan kelenjar parotis di sisi leher.Pengobatan gondongan hanya memerlukan parasetamol apabila anak mengalami demam atau tidak nyaman. Imunisasi gondongan juga dapat diberikan untuk mencegah penyakit ini.
  5. CacinganJika anak kurang memiliki kebiasaan bersih, maka cacingan dapat terjadi. Gejala yang muncul umumnya berupa gatal di area pantat. Rasa gatal akan semakin menjadi-jadi di malam hari.Cacing dapat dengan mudah ditularkan bila anak tidak rajin mencuci tangan. Pengobatan dengan obat cacing akan membersihkan infeksi cacing, tetapi alat mandi dan alas tidur anak perlu dicuci dengan air panas.

Jadi, itulah beberapa penyakit yang sering terjadi pada anak sekolah. Kondisi-kondisi tersebut umumnya tidak memberikan gejala yang berat. Pengobatan yang berlebihan perlu dihindari. Hal yang lebih penting adalah membiasakan anak menjaga kebersihan, termasuk rutin mencuci tangan, untuk menghindari infeksi.

[BA/ RH]

anak sekolahPenyakitAnakCampakCacar Air

Konsultasi Dokter Terkait