Sukses

Bolehkah Wanita Hamil Minum Susu Biasa?

Sebagian besar wanita hamil enggan minum susu khusus wanita hamil. Bolehkah menggantinya dengan susu biasa?

Klikdokter.com, Jakarta Masa kehamilan merupakan periode yang sangat penting di mana asupan nutrisi wanita hamil harus dijaga agar janin dapat tumbuh dengan sehat. Karena itu, konsumsi susu hamil sangat dianjurkan selama masa kehamilan.

Dengan minum susu hamil secara rutin, maka nutrisi yang baik bagi kesehatan sang wanita dan calon buah hati dapat terpenuhi dengan mudah. Namun tak sedikit wanita hamil yang lebih memilih minum susu kedelai atau UHT.

Konsumsi susu UHT whole milk harus diwaspadai pada wanita hamil. Pasalnya, kadar lemak jenuh yang tinggi tidak baik untuk kehamilan. Susu rendah lemak merupakan pilihan yang lebih sehat dan lebih baik untuk wanita hamil.

Para ahli kesehatan mengatakan wanita hamil diperbolehkan mengonsumsi susu UHT karena ada beberapa kelebihan, namun sebaiknya diselingi dengan susu hamil rendah lemak.

Sedangkan pada susu hamil, Anda akan menemukan kadar kandungan lemak dan kolesterol yang lebih sedikit dibandingkan susu biasa. Sebab komposisi gizi pada susu hamil memang diformulasi khusus sesuai kebutuhan nutrisi wanita hamil.

Selain itu, susu hamil lebih unggul dari segi kandungan gizi untuk perkembangan saraf janin. Susu hamil dilengkapi dengan kandungan asam folat, AA, dan DHA. Kandungan asam folat itu sendiri diyakini mampu mencegah bayi lahir dengan kecacatan akibat masalah neural tube defect.

Biasanya susu hamil juga memiliki tambahan nutrisi lainnya yang dibutuhkan bagi perkembangan janin. Mulai dari zat besi, vitamin (vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan E ) dan mineral (seng, kalsium, fosfor) dalam jumlah yang disesuaikan untuk wanita hamil.

Jadi, bukan tanpa alasan mengapa wanita hamil disarankan untuk minum susu hamil. Susu hamil secara khusus diformulasi dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan sang ibu dan janin.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar