Kesehatan Anak

5 Cara Agar Area Bermain Anak Bebas Kuman

dr. Sara Elise Wijono MRes, 13 Jul 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Area bermain anak sangat penting dijaga kebersihannya agar bebas dari kuman. Hal apa sajakah yang dapat Anda lakukan?

5 Cara Agar Area Bermain Anak Bebas Kuman

Anak-anak biasanya memiliki area khusus yang dipakai untuk bermain di dalam rumah. Area ini dapat berupa ruang khusus, kamar anak, atau di ruang keluarga. Area bermain ini merupakan salah satu bagian rumah yang memerlukan perhatian khusus.

Jika tidak dijaga kebersihannya, area ini dapat menjadi sarang kuman yang menyebabkan penyakit bagi buah hati. Berikut kiat menjaga kebersihan area bermain anak:

1. Gunakan disinfektan

Bersihkan area bermain anak menggunakan cairan pembersih yang mengandung disinfektan. Cairan ini berfungsi membunuh kuman sehingga membantu mencegah tempat bermain anak menjadi sumber penyakit. Sebaiknya lakukan hal ini setiap hari. Kemudian pastikan agar area tersebut telah kering sebelum anak mulai bermain.

2. Bersihkan mainan anak

Mainan-mainan anak sebaiknya dibersihkan pula secara berkala. Hal ini bertujuan agar mainan tidak menjadi tempat kuman berkembang biak.Boneka dari kain, misalnya, dapat dicuci secara rutin. Mainan dari plastik dapat di lap dengan cairan disinfektan atau dibersihkan menggunakan cairan pencuci piring.

3. Simpan mainan anak

Selain dibersihkan secara teratur, mainan anak juga sebaiknya tidak dibiarkan berserakan di area bermainnya. Anda dapat menyediakan wadah tertutup supaya anak dapat menyimpan mainannya setelah selesai digunakan.

4. Bersihkan sisa makanan

Seringkali anak makan atau disuapi sembari bermain. Bisa saja sisa makanan berceceran di sekitar area bermain anak. Segera bersihkan sisa makanan ini apabila anak memiliki kebiasaan makan sambal bermain. Sisa makanan yang dibiarkan dapat mengundang datangnya serangga yang dapat membawa kuman penyakit.

5. Hindari genangan air

Khusus untuk area bermain anak yang terletak di luar rumah, perhatikanlah apabila terdapat genangan air di dekatnya. Genangan air merupakan tempat yang disukai nyamuk untuk berkembang biak sehingga bisa membawa penyakit bagi anak Anda.

Demikian beberapa kiat agar area bermain anak. Karena itu, mari selalu menjaga kesehatan anak dengan pola hidup bersih

(DA/ RH)

Anak Bermainbebas kuman

Konsultasi Dokter Terkait