Sukses

Pusing karena Anak Libur Sekolah Terlalu Lama? Ini Triknya!

Bagaimana caranya agar libur sekolah dapat menyenangkan hati anak maupun orangtua?

Klikdokter.com, Jakarta Libur sekolah anak yang terlalu panjang kadang membuat orangtua pusing tujuh keliling. Mungkin Anda salah satunya.

Bagaimana tidak? Anda harus mengatur waktu antara pekerjaan rutin rumah sehari-hari, jadwal bermain anak selama liburan, agenda wisata di luar rumah yang melibatkan seluruh anggota keluarga, dan pastinya anggaran lebih yang harus dikeluarkan selama liburan.

Tugas-tugas tambahan itu tentunya bisa membuat Anda terbebani. Untuk menghindari kepusingan, berikut beberapa kiat yang dapat Anda lakukan:

  • Membuat jadwal kegiatan selama liburan bersama anak

    Ajaklah anak untuk memberikan ide-ide terkait kegiatan saat liburan. Jika dipikirkan oleh dua kepala tentu akan lebih meringankan Anda.

  • Merancang rincian anggaran

    Sebelum masa liburan tiba, sebaiknya luangkan waktu untuk membuat rincian anggaran. Hal ini penting agar kegiatan selama liburan tidak menggunakan biaya di luar anggaran.

  • Libatkan pasangan untuk membantu

    Peran pasangan Anda akan sangat membantu untuk mengurangi beban pikiran. Selain itu, anak akan lebih semangat karena seluruh anggota keluarga akan hadir dalam kegiatan liburan.

  • Perhatikan asupan makanan

    Jangan lengah dalam menjaga pola makan Anda. Karena asupan nutrisi yang masuk ke tubuh akan memengaruhi pikiran Anda juga. Untuk itu, konsumsilah makanan yang bergizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, sayur, dan buah.

  • Rutin berolahraga

    Meskipun aktivitas bertambah selama anak libur sekolah, usahakan tetap rutin berolahraga. Olahraga ringan seperti berjalan kaki dapat sangat bermanfaat karena mampu mengurangi stres.

  • Gunakan teknik relaksasi saat lelah

    Menghadapi anak-anak dengan energi berlebih kadang memang menguji kesabaran. Saat Anda merasa lelah, cobalah menerapkan teknik relaksasi selama 5–10 menit.

    Caranya, tarik napas dalam-dalam dengan menggunakan teknik pernapasan abdomen (menghirup udara secara dalam melalui hidung, lalu dihembuskan melalui mulut). Hal ini dapat memberikan sinyal kepada otak agar tubuh tetap tenang.

Jadikan masa libur sekolah anak seru dan mengasyikkan! Anda sebagai orangtua mempunyai peranan penting untuk hal itu. Ingat, bila Anda selalu berpikir positif, anak pun akan terbawa suasana liburan yang menyenangkan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar