Sukses

6 Cara Ampuh Menghindari Pegal Linu Saat Liburan

Saat liburan, pegal linu sering menyerang sekujur tubuh. Anda bisa menerapkan cara ini untuk menghindarinya.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu keluhan yang sering muncul saat liburan adalah pegal linu di sekujur tubuh. Hal ini mungkin sepele, tetapi tetap saja dapat mengganggu liburan. Sebelum pegal linu datang menyerang, lakukan cara ini untuk menghindarinya.

  1. Melakukan peregangan otot

    Sebelum memulai perjalanan, Anda perlu melakukan peregangan otot selama 10–15 menit. Otot yang perlu diregangkan adalah otot leher, bahu, lengan, dan tungkai bawah.

  2. Jangan membawa barang terlalu berat

    Berat bawaan yang dianjurkan adalah maksimal lebih berat 5–10 persen dari berat badan Anda. Misalnya, jika berat badan 50 kg, maka tubuh dapat membawa beban 52–55 kg. Lebih dari itu, Anda berisiko terkena cedera otot.

    Anda juga perlu menghindari membawa barang di atas kepala atau di bahu. Anda sebaiknya menggunakan ransel, atau membawa barang dengan dijinjing.

  3. Atur posisi duduk

    Duduklah dengan posisi tegak menghadap ke depan, tidak miring, atau bungkuk. Usahakan kaki dapat diluruskan dengan mudah.

    Untuk mencegah sakit punggung bawah dan pegal di leher, tempatkan bantal kecil atau gulungan handuk di belakang pinggang dan leher. Selain itu, hindari memakai sepatu atau alas kaki yang terlalu sempit agar peredaran darah tetap lancar.

  4. Hindari diam selama lebih dari dua jam

    Anda perlu berhenti sejenak setelah dua jam bila melakukan perjalanan melalui darat. Selama berhenti, Anda bisa meregangkan otot sekitar lima menit.

    Anda dapat melakukannya sambil pergi ke toilet sebentar. Bila menggunakan moda transportasi laut atau udara, berjalanlah setiap dua jam sekali.

  5. Tidur cukup

    Salah satu penyebab pegal setelah perjalanan adalah kurang tidur. Anda perlu istirahat cukup sebelum memulai perjalanan.

    Anda sebaiknya mengatur waktu supaya dapat melakukan perjalanan di siang hari, saat tubuh memang tak harus tidur. Namun, bila tidak memungkinkan, Anda perlu meluangkan waktu untuk beristirahat saat di perjalanan.

  6. Minum cukup

    Tubuh juga rentan kekurangan cairan atau dehidrasi saat sedang melakukan perjalanan. Dehidrasi akan membuat tubuh mudah terasa pegal. Karena itu, minumlah cukup air sepanjang perjalanan.

Tujuan liburan adalah untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Agar tujuan tersebut tercapai dan terhindar dari pegal linu, Anda dapat menerapkan beberapa kiat di atas. Liburan pun berjalan lancar dan menyenangkan.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar