Sukses

Anda Mau Liburan? Ini Kiat Packing yang Tak Bikin Pusing

Liburan segera tiba. Bagaimana persiapan Anda? Lalu, bagaimana dengan packing barang-barang?

Klikdokter.com, Jakarta Jangan lupa, packing barang-barang merupakan salah satu bagian penting dalam persiapan liburan. Bila kurang tepat, Anda bisa saja meninggalkan barang yang penting, dan malah membawa barang yang tak ada gunanya.

Saat di bandara, Anda mungkin juga terancam harus membayar lebih karena kelebihan muatan. Supaya liburan berjalan lancar, Anda bisa menerapkan beberapa kiat packing berikut ini supaya lebih mudah dan efektif.

  • Buatlah daftar packing

    Susun daftar packing beberapa hari atau seminggu sebelum perjalanan Anda. Tulislah barang bawaan, termasuk dokumen penting seperti tiket perjalanan, pasport, dan sebagainya.

    Dengan demikian, Anda dapat melihat apa yang sudah dan belum masuk ke dalam tas. Anda juga dapat mengetahui barang penting apa saja yang harus dibawa.

  • Pemilihan jenis koper

    Koper yang berkualitas tak selalu mahal. Pilihlah koper berbahan ringan, dilengkapi dengan kunci, dan ukurannya sesuai dengan tubuh Anda. Bila memungkinkan, pilihlah yang memiliki roda, karena akan sangat dibawa.

    Selain koper, bawalah juga satu tas jinjing untuk memuat barang yang sangat penting seperti dompet, ponsel, kartu identitas, tiket, pasport, dan barang berharga lainnya. Usahakan untuk tidak membawa lebih dari dua tas, supaya tidak kerepotan.

  • Pemilihan jenis dan jumlah pakaian

    Sesuaikan dengan destinasi liburan Anda. Bila tujuannya adalah daerah pegunungan yang dingin, pilih pakaian berlengan panjang dan baju hangat.

    Sebaliknya, bila bepergian ke daerah pantai atau daerah dengan cuaca panas, bawalah pakaian berbahan kaos atau katun yang menyerap keringat. Anda sebaiknya membawa pakaian secukupnya. Bila pergi lebih dari seminggu, Anda bisa mencuci pakaian menggunakan fasilitas laundry.

  • Atur isi koper

    Anda perlu mengatur isi koper dan manfaatkan setiap ruang dengan efektif. Simpan pakaian di dalam koper dengan menggulungnya, bukan melipatnya. Dengan menggulung, Anda akan menghemat ruang tanpa membuat pakaian menjadi kusut.

    Anda bisa memulai dengan meletakkan pakaian berat terlebih dahulu, seperti jeans, jaket, dan celana panjang, di bagian paling bawah. Barulah letakkan baju-baju yang sudah digulung di atas pakaian berat tadi.

    Kaos kaki dapat dimasukkan ke dalam sepatu. Pakaian dalam dapat diselipkan di area-area kecil.

  • Mengelompokkan barang-barang

    Untuk mencegah barang-barang kecil tercecer, Anda dapat mengelompokkan dan memasukkannya ke dalam dalam kantong-kantong kecil (ziplock bags).

    Contohnya, pisahkan alat mandi, kosmetik, dan barang-barang terkait gawai seperti kabel pengisi daya dan baterai, lalu masukkan masing-masing kelompok barang tersebut ke dalam kantong yang berbeda.

  • Bawa obat pribadi

    Hal yang tak kalah penting, bawalah obat-obatan pribadi di tas jinjing yang mudah dijangkau. Beberapa jenis obat memang dapat dibeli di tempat tujuan, akan tetapi tak ada salahnya bila mempersiapkannya terlebih dahulu.

Nah, demikian tadi kiat packing sebelum liburan. Ternyata packing yang efektif tak sesulit yang dibayangkan, bukan?

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar