Sukses

Bolehkah Travelling Saat Hamil Muda?

Anda bisa melakukan travelling saat hamil muda atau pada trimester pertama kehamilan. Tapi ada syaratnya.

Klikdokter.com, Jakarta Anda dapat melakukan travelling saat hamil muda pada trimester pertama kehamilan, asalkan kehamilan dalam kondisi normal dan tidak ada komplikasi. Namun, Anda perlu mewaspadai kemungkinan morning sickness dan rasa cepat lelah.

Morning sickness dan rasa cepat lelah umum terjadi pada usia 7–8 minggu kehamilan. Keluhan tersebut mungkin akan semakin berat pada saat perjalanan.

Perlu diingat pula bahwa selama perjalanan, baik dengan pesawat terbang, mobil, atau kereta, wanita hamil lebih berisiko mengalami penyumbatan pembuluh darah atau deep vein thrombosis (DVT).

Berikut ini beberapa kiat untuk wanita yang sedang hamil muda bila hendak melakukan travelling dengan pesawat:

  • Pilih tempat duduk didekat jalan, supaya akses untuk berjalan dan ke toilet lebih mudah.
  • Anda bisa mencegah mual saat terbang dengan meminta obat anti mual pada dokter atau bidan.
  • Gunakan stocking khusus. Beberapa tenaga medis menyarankan penggunaan stocking untuk meningkatkan sirkulasi dan mencegah terjadinya bekuan darah yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
  • Hindari posisi diam dalam waktu lama. Anda perlu berjalan dan melakukan peregangan secara periodik.
  • Anda perlu minum cukup untuk mencegah dehidrasi.

Nah, demikian tadi beberapa kiat untuk wanita yang sedang hamil muda agar aman dan nyaman travelling dengan pesawat. Bila mual muntah masih sering muncul, PRENAGEN mommy emesis dapat menjadi pilihan untuk membantu mengurangi frekuensi mual dan muntah. PRENAGEN mommy emesis memiliki dua varian rasa yaitu cokelat dan vanilla delight.

PRENAGEN mommy emesis mengandung protein dan vitamin B. Protein dan vitamin B yang terkandung di dalam PRENAGEN mommy emesis akan diubah tubuh menjadi niasin dan serotonin. Niasin akan bekerja mengurangi mual dan muntah, sedangkan serotonin akan mengurangi sensitivitas panca indra.

Namun sebelum melakukan perjalanan, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Hal ini penting untuk memastikan kondisi kehamilan dan keamanan selama perjalanan.

Jadi bolehkah travelling saat sedang hamil muda? Bila sedang mengalami kram perut, perdarahan, rasa mual muntah berlebih, sebaiknya tunda rencana tersebut. Lebih baik menunda, daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bukan?

[BA/ RH]

 

2 Komentar