Sukses

Mengenal Diet Detoks Lebih Jauh

Diet detoks masih sangat populer hingga kini. Mari kenali lebih dalam!

Klikdokter.com, Jakarta Kini begitu banyak pola diet detoks yang terkesan benar karena dipopulerkan oleh selebritas atau beredar melalui pesan singkat di dunia maya. Berhati-hatilah untuk tidak mempercayainya begitu saja.

Apalagi jika diet detoks tersebut menyarankan Anda untuk minum jus buah saja. Ini tentunya dapat membahayakan kesehatan Anda sendiri.

Pada dasarnya, diet detoks tidak perlu menyiksa diri dengan ekstrem. Kuncinya adalah pola makan sehat yang teratur dan konsisten. Karena diet ekstrem beberapa hari tidak akan berarti bila Anda kemudian melanjutkan makan dan minum sembarangan.

Lalu, apa saja jenis-jenis diet detoks yang dikenal baik bagi tubuh?

  1. Olahraga intensitas tinggi, lari maraton, dan aerobik rutin merupakan cara terbaik untuk membuat tubuh Anda secara konsisten bermetabolisme dan tentunya berkeringat.

    Olahraga tersebut tentunya juga memberikan adiksi untuk dilakukan secara rutin. Bila Anda belum terbiasa untuk berolahraga rutin, mulailah lakukan hari ini!

  2. Menu makanan yang berwarna hijau dan oranye (karena penuh dengan sayur dan buah) bukan saja indah dipandang, tetapi juga baik untuk kesehatan.

    Anda bisa merasa kenyang tanpa merasa bersalah. Selain itu, makanan-makanan berserat tinggi tersebut baik untuk pencernaan.

  3. Minum air jernih setiap hari, setidaknya 1.5 liter–2 liter per hari untuk memastikan sirkulasi dan metabolisme berjalan baik. Selain membantu menyegarkan, juga membuat tidak terlalu cepat lapar dan makan berlebihan.

  4. Mens sana incorpore sano- dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Hal yang sama ternyata juga berlaku sebaliknya. Apa yang ada pada pikiran dan jiwa ternyata dapat mempengaruhi kesehatan jasmani.

Dalam kondisi stress, tubuh melepaskan radikal bebas dan berbagai senyawa kimia yang mempercepat kerusakan sel dan penuaan dini. Sebaliknya, bila pikiran diselimuti oleh hal positif dan sifat optimis, kesehatan tubuh pun akan lebih mudah dijaga.

Keempat prinsip tersebut mendasari begitu banyak jenis diet detoks yang baik, dan mungkin pernah Anda baca atau dengar. Lakukan secara konsisten agar Anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar