Diet dan Nutrisi

Ini Bahayanya Jika Anda Tidak Sarapan Pagi

dr. Karin Wiradarma, 21 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tak disangka, ternyata tidak sarapan pagi bisa mendatangkan sederet bahaya bagi orang yang melakukannya.

Ini Bahayanya Jika Anda Tidak Sarapan Pagi

Sarapan pagi memang telah diketahui dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, tidak rutin sarapan pagi juga ada bahayanya, lho!

Tidak salah jika ada pepatah yang mengatakan bahwa sarapan pagi adalah waktu makan paling penting dalam sehari. Jika dikonsumsi secara teratur, sarapan pagi ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan yang tak ternilai harganya.

Sebaliknya, jika Anda sering ‘bolos’ sarapan pagi, sederet bahaya akan menghampiri. Berikut bahaya yang bisa terjadi jika Anda tidak rutin sarapan pagi:

1. Badan Lemas 

Orang yang jarang sarapan pagi akan lebih lemas, kurang bersemangat, dan memiliki performa yang kurang di sekolah maupun tempat kerja ketimbang mereka yang rajin sarapan pagi.

2. Badan Melar 

Orang yang tidak sarapan didapati lebih sulit untuk menurunkan berat badan ketimbang mereka yang rajin sarapan. Jadi jika ingin diet berhasil, Anda harus rutin sarapan pagi setiap hari, ya!

3. Kolesterol Tinggi 

Percaya atau tidak, ternyata malas sarapan pagi berakibat pada meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.

4. Kencing Manis 

Penelitian yang dilakukan di Harvard, Amerika, menemukan bahwa orang yang tidak rutin sarapan lebih berisiko terkena diabetes atau kencing manis dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan pagi.

5. Penyakit Jantung 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Harvard dan studi-studi lainnya, mereka yang tidak rutin sarapan pagi lebih berisiko terkena serangan jantung dibandingkan dengan orang yang rutin sarapan pagi. Hal ini berlaku untuk pria dan wanita.

6. Stroke 

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa tidak rutin sarapan pagi berisiko meningkatkan faktor risiko stroke.

7. Kanker 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research United Kingdom, mereka yang jarang sarapan lebih berisiko terkena kanker dibandingkan dengan yang rajin sarapan.

Jadi sebenarnya, Anda rugi jika tidak sarapan pagi. Kalau tak mau berurusan dengan masalah kesehatan, jangan lupa sarapan pagi setiap hari, ya!

(NB/ RH)

sarapan pagiPenyakitSarapan

Konsultasi Dokter Terkait