Diet dan Nutrisi

Kurangi Makan untuk Turunkan Kolesterol, Bolehkah?

dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA, 12 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sebagian orang percaya bahwa mengurangi makan efektif untuk turunkan kolesterol. Bolehkah?

Kurangi Makan untuk Turunkan Kolesterol, Bolehkah?

Kolesterol tinggi sering kali dikaitkan dengan kegemukan. Demikian pula sebaliknya, orang yang gemuk biasanya langsung dicurigai memiliki kolesterol tinggi. Mengurangi berat badan pun dipercaya dapat membantu turunkan kolesterol.

Faktanya, kegemukan memang menjadi pemicu tingginya kadar kolesterol (walaupun ada juga orang kurus yang memiliki kadar kolesterol tinggi). Karena itu, menjaga berat badan tetap ideal dengan pola makan sehat dan berolahraga teratur sangatlah penting.

Pola makan sehat ini bisa dilakukan dengan menjaga porsi makan, makan dengan jadwal teratur, serta makan dengan bahan makanan dan pengolahan yang sehat. Jelas bahwa mengurangi porsi makan agar tidak berlebihan merupakan salah satu bagian dari pola makan sehat.

Menjaga Kadar Kolesterol saat Berpuasa

Memasuki bulan Ramadan ini, Anda berkesempatan untuk memulai pola makan yang sehat. Ibadah puasa membuat makan teratur dan terjadwal.

Namun ingat, bukan berarti saat berbuka puasa menjadi pelampiasan untuk makan sesuka hati dan sebanyak-banyaknya. Hindari berbuka puasa dan sahur dengan makanan yang tidak sehat. Contohnya, berbagai macam gorengan atau makanan manis yang berlebihan termasuk minuman kemasan.

Sebaliknya, pilihlah makanan-makanan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi, seperti ikan (salmon, makerel, tuna), roti gandum dan beras merah, sayuran dan buah, serta kacang-kacangan (kacang hijau, kacang merah, kacang polong, edamame).

Walau makanan-makanan tersebut sehat, Anda tetap perlu menjaga porsinya agar tidak terlalu berlebihan.

Jika Anda tak terbiasa dengan pola makan sehat, mulailah secara perlahan. Ini memang membutuhkan waktu agar menjadi kebiasaan. Perlu saling mengingatkan dan menyemangati di antara anggota keluarga dan teman-teman untuk menjaga Anda di jalur tersebut.

Ingat, mengurangi porsi makanan tidak menjadi jaminan untuk turunkan kolesterol. Hal yang lebih penting adalah mengatur pola makan yang sehat, termasuk di bulan Ramadan. Selamat menjalankan ibadah puasa!

[RS/ RH]

puasaKolesterolKolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait