Sukses

Wanita Haid Rentan Jerawatan

Haid dan jerawatan adalah dua hal yang sering membuat banyak wanita risau. Mengapa keduanya saling berhubungan?

Klikdokter.com, Jakarta Perang melawan jerawat seperti tidak pernah ada habisnya. Ia hamper bisa dipastikan akan muncul sebelum atau bersamaan dengan datangnya ‘tamu bulanan’. Mengapa wanita yang sedang haid lebih jerawatan?

Semua bisa jerawatan

Jerawat merupakan masalah klasik yang dialami banyak orang. Mulai dari remaja hingga orang dewasa, dan baik pria maupun wanita.

Diperkirakan lebih dari 85% remaja menderita jerawat. Sebagian besar remaja berperang melawan jerawat ketika beranjak dewasa.

Tapi saat sudah memasuki usia yang lebih dewasa, ternyata jerawat tidak selalu berhenti sampai di situ saja. Ada yang namanya jerawat dewasa, yang kehadirannya dipengaruhi oleh pergolakan hormonal. Salah satunya adalah akibat pengaruh haid.

Sekitar 63% wanita usia di atas 20 tahun diperkirakan masih bergulat melawan jerawat. Memang, menurut data statistik, jerawat remaja lebih banyak dialami oleh pria. Sementara itu jerawat dewasa lebih didominasi wanita karena faktor hormonal haid tadi.

Haid dan jerawat

Dalam tubuh wanita terdapat hormon estrogen dan progesteron, serta hormon pria, yaitu androgen.

Saat seorang wanita mengalami haid, hormon estrogen dan progesteron akan menurun. Sebaliknya, kadar hormon androgen didapati lebih meningkat. Androgen akan membuat aktivitas kelenjar minyak menjadi lebih aktif, sehingga lebih rajin memproduksi lemak dan menimbulkan komedo.

Selain itu, androgen juga menciptakan lingkungan yang baik bagi bakteri penyebab jerawat untuk berkembang biak dan menyebabkan peradangan. Jadi, tak heran jika menjelang haid, muka Anda ditumbuhi oleh jerawat.

Badai pasti berlalu

Tak perlu merasa kesal. Sebab, setelah periode haid berlalu, kadar estrogen, progesterone, dan androgen akan kembali normal. Tentu saja ini akan diikuti dengan ‘perginya’ jerawat dari wajah Anda.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang kembali mulus, Anda juga dapat menggunakan sabun cuci muka, penyegar, atau obat oles jerawat yang mengandung bahan-bahan yang ampuh melawan jerawat.

Selain perawatan dari luar, Anda pun dapat mengonsumsi antioksidan dan antiperadangan alami yang dapat membantu melawan jerawat. Misalnya: oligomeric proanthocyanidin complex (OPC).

OPC merupakan antioksidan kuat yang tidak hanya berfungsi melawan radikal bebas, tapi juga memiliki efek antiperadangan dan antibakteri, sehingga dapat membantu mengusir jerawat dengan lebih cepat.

Selain ampuh, OPC ini juga terbuat dari bahan alami dari tumbuhan. OPC ini dapat ditemukan pada biji dan kulit anggur, cranberry, black currant, teh hijau, teh hitam, dan kulit pohon pinus.

Jadi, jika tenang saja. Jerawatan saat haid hanyalah periode sesaat yang tak akan bertahan lama. Badai pasti berlalu!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar