Sukses

3 Kondisi Medis dengan Gejala Pusing di Pagi Hari

Sering merasa pusing di pagi hari setelah bangun tidur? Awas, bisa jadi ini penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika bangun tidur di pagi hari, seharusnya seseorang merasa segar dan bugar. Namun, ada pula orang yang justru terserang pusing dan kepala berputar. Anda salah satunya?

Pusing diartikan sebagai perasaan melayang, kepala terasa ringan, atau berputar. Kondisi ini merupakan gejala umum yang dapat dialami oleh siapa saja, dan kapan saja. Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan pusing, mulai dari masalah fisik hingga psikis.
Awas, jangan abai. Pusing di pagi hari bisa jadi pertanda dari kondisi medis di bawah ini:

  1. Gula darah rendah atau hipoglikemia

    Untuk beraktivitas sehari-hari, tubuh membutuhkan energi dari karbohidrat –yang kemudian dipecah menjadi gula (glukosa). Ketika pasokan ini menurun, maka pusing tidak bisa dihindari lagi.

    Hipoglikemia dapat terjadi ketika Anda belum terbiasa berpuasa, melakukan diet ketat yang tidak terkontrol, lupa makan, atau olahraga berat tanpa makanan yang cukup.

  2. Dehidrasi

    Dua pertiga dari tubuh manusia terdiri dari air. Dengan demikian, air sangatlah penting untuk proses metabolisme tubuh. Jika Anda sedang berpuasa, banyak berkeringat karena aktivitas, suhu, olahraga berat atau kurang minum, maka kejadian ini sangat sulit dihindari.

    Karenanya, pastikan Anda minum 8 gelas air dalam sehari. Anda dapat menilai status kecukupan cairan dengan melihat warna urine.

    Jika kuning muda, maka cairan dalam tubuh Anda cukup. Sedangkan jika warna urine Anda kuning tua dan pekat, berarti Anda sedang dehidrasi dan harus minum air lebih banyak.

  3. Anemia

    Anemia merupakan keadaan dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah ini berfungsi mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Bila tubuh kekurangan sel darah merah, maka otak akan kekurangan oksigen, sehingga timbulah gejala pusing.

    Penyebab anemia yang paling sering adalah kekurangan zat besi. Kurangnya zat besi umumnya dilatarbelakangi oleh kurangnya asupan gizi, gaya hidup vegetarian, menstruasi terlalu panjang dan lama, perdarahan saluran cerna, dan cacingan.

Jika Anda sering mengalami gejala pusing di pagi hari, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Siapa tahu Anda mengalami salah satu dari tiga kondisi medis di atas.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar