HomeInfo SehatSistem EndokrinSering Lemas Saat Puasa? Awas, Gula Darah Rendah
Sistem Endokrin

Sering Lemas Saat Puasa? Awas, Gula Darah Rendah

dr. Karin Wiradarma, 03 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apakah Anda sering lemas saat puasa? Hati-hati, mungkin kadar gula darah Anda rendah.

Sering Lemas Saat Puasa? Awas, Gula Darah Rendah

Menahan haus dan lapar saat puasa memang susah-susah gampang. Apalagi menjelang siang hari, dimana rasa lemas, haus dan lapar lagi tinggi-tingginya.

Jika Anda salah satu orang yang sering lemas saat puasa, berhati-hatilah. Karena kondisi tersebut bisa menjadi pertanda bahwa kondisi gula darah Anda di bawah nilai normal atau hipoglikemia.

Gula darah rendah atau hipoglikemia merupakan suatu kondisi yang terjadi jika asupan glukosa dalam tubuh di bawah 60 mg/dl. Kondisi ini terjadi di saat tubuh tidak mampu mengatur kadar gula dengan baik.

Gejalanya dapat berupa mudah lemas, pusing, melayang, pandangan kabur, keringat dingin, hingga pingsan. Tapi Anda tidak perlu panik. Kejadian gula darah rendah saat puasa bisa dicegah dengan tindakan berikut ini:

1. Sahur dengan menu yang tepat

Pilihlah makanan sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, agar kadar glukosa tetap stabil dalam waktu lama. Sehingga, Anda tidak akan cepat lemas, hipoglikemia, apalagi pingsan karena gula darah rendah.Beberapa pilihan makanna yang mengandung karbohidrat kompleks adalah serealia atau oatmeal dengan susu, sandwich roti gandum, atau nasi merah dengan lauk secukupnya. Hindari makanan yang terlalu banyak minyak.

2. Camilan sehat di malam hari

Jika gejala hipoglikemia kerap terjadi di pagi hari, Anda dapat mengonsumsi camilan berupa buah, biskuit, atau sereal paling tidak 3 jam sebelum tidur. Pastikan Anda juga menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, seperti roti putih, kue, dan makanan-makanan manis lainnya.

Ingatlah bahwa gula darah rendah (hipoglikemia) lebih berbahaya daripada hiperglikemia (gula darah tinggi). Sebab jika tidak ditangani segera, hipoglikemia dapat berakhir pada hilangnya nyawa.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, segeralah duduk atau berbaring. Jika gejala tidak membaik atau bahkan semakin parah, mau tidak mau Anda harus makan permen atau minum teh manis meski waktu buka belum tiba. Selamat berpuasa!

(NB/ RH)

puasagula darahLemas saat puasaGula Darah Rendah

Konsultasi Dokter Terkait