HomeGaya hidupDiet dan NutrisiSederet Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh
Diet dan Nutrisi

Sederet Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

dr. Karin Wiradarma, 02 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain menjalankan ajaran agama, puasa juga memberikan sederet manfaat kesehatan bagi tubuh Anda, lho!

Sederet Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Menahan tamparan hawa nafsu, rasa haus, dan lapar adalah sederet kegiatan yang harus dilakukan umat Muslim saat puasa. Selain mengumpulkan pahala, ternyata kegiatan ini juga mendatangkan sederet manfaat bagi kesehatan tubuh, lho!

Apa saja manfaat puasa bagi kesehatan?

1. Berat Badan Ideal

Saat puasa, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit daripada yang dikeluarkan. Dengan ini, berat badan ideal yang selama ini diimpikan bisa Anda raih.

2. Menurunkan Gula Darah

Penelitian membuktikan bahwa puasa membuat kadar gula darah cenderung menurun, dan lebih stabil. Selain itu, insulin –hormon pengatur gula darah– juga dapat berfungsi lebih optimal. Ini berarti puasa merupakan kegiatan yang baik untuk penyandang diabetes atau kencing manis.

3. Mencegah Darah Tinggi

Orang-orang yang menjalankan ibadah puasa cenderung memiliki tekanan darah yang stabil. Dengan demikian, kesehatan jantung secara umum juga menjadi lebih baik.

4. Kolesterol

Berpuasa membuat kadar kolesterol (lemak darah) menurun, terutama kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL). Sebaliknya, kolesterol baik (HDL) didapati meningkat.

Dengan mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan, semoga Anda semakin semangat untuk menjalankannya sesuai perintah agama. Selamat berpuasa!

(NB/ RH)

puasaManfaat PuasaBulan Ramadan

Konsultasi Dokter Terkait