Sukses

Tiba-Tiba Pusing Saat Puasa? Mungkin Ini Sebabnya

Jangan sampai serangan pusing mengganggu kenyamanan Anda menjalankan ibadah puasa.

Klikdokter.com, Jakarta Bulan suci Ramadan kembali menyapa. Saatnya umat Muslim menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Menahan haus dan lapar sejak matahari terbit hingga beduk magrib tiba.

Puasa tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena selain terpaan hawa nafsu, rasa haus dan lapar, serangan pusing di siang hari juga bisa menjadi penghambat.

Pusing pada orang yang menjalankan ibadah puasa sering dikaitkan dengan kadar gula darah yang sangat rendah (hipoglikemia). Selain itu kurangnya cairan tubuh (dehidrasi) juga turut disebut sebagai penyebabnya.

Hal itu wajar. Karena saat menjalankan ibadah puasa tubuh sedang kekurangan asupan cairan maupun makanan. Namun apabila Anda sedang dalam keadaan sehat, tubuh seharusnya dapat mengatur kadar gula dan cairan dengan baik, sehingga pusing tidak akan terjadi.

Biasanya pusing mulai menyerang jika Anda tidak sahur dengan makanan yang bergizi seimbang atau porsi yang kurang tepat. Melewatkan waktu sahur sama sekali juga bisa memicunya.

Akibatnya, tubuh pun akan loyo karena asupan gula dan cairan yang kurang. Alhasil, serangan pusing saat puasa tidak terhindarkan.
Selain itu, kurang tidur dan kurang olahraga juga dapat menyebabkan pusing saat puasa. Karenanya, tidurlah selama 7–8 per hari dan berolahragalah di sore hari menjelang buka puasa.

Kini Anda sudah tahu penyebab pusing saat puasa. Semoga Anda bisa lebih cermat menghindari hal-hal tersebut, sehingga puasa menjadi lebih bermakna.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar