Sukses

Dapatkah Alergi Susu Sapi Disembuhkan?

Alergi susu sapi dapat menyulitkan penderitanya, apalagi jika terjadi pada anak-anak. Dapatkah alergi ini disembuhkan?

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit anak yang menderita alergi susu sapi. Biasanya, kondisi ini baru diketahui saat anak mengonsumsi susu formula yang berbahan dasar susu sapi.

Alergi susu sapi dapat menimbulkan berbagai gejala, mulai dari yang ringan hingga berat. Umumnya gejala ini menyerang tiga organ tubuh, seperti saluran cerna (sakit perut, diare), pernapasan (asma, pilek, dll), dan kulit (gatal, ruam merah).

Reaksi alergi dapat muncul secara cepat, yakni dalam hitungan menit atau jam. Namun, ada pula yang timbul setelah beberapa hari mengonsumsi susu sapi. Ini tergantung pada masing-masing anak.

Selain gejala-gejala di atas, reaksi alergi susu sapi juga dapat bersifat berbahaya dan mengancam jiwa. Kondisi ini disebut reaksi anafilaksis. Saat terjadi reaksi anafilaksis, anak dapat mengalami penurunan tekanan darah yang tajam, sesak napas, serta kehilangan kesadaran.

Penelitian menunjukkan, 45–55 persen anak akan sembuh dari alergi susu sapi pada tahun pertama. Selanjutnya, 60–75 persen anak akan sembuh pada tahun kedua dan 90 persen pada tahun ketiga.

Namun, perlu diketahui bahwa anak dengan alergi susu sapi dapat juga mengalami alergi terhadap bahan-bahan makanan lain. Misalnya: telur, kedelai, kacang, atau ikan.

Alergi susu sapi sering kali dijumpai pada anak-anak. Gejalanya bervariasi, mulai dari yang ringan hingga mengancam nyawa.

Sebagian besar anak akan sembuh dari kondisi ini. Meski demikian, anak dengan alergi susu sapi dapat juga mengalami alergi terhadap bahan-bahan makanan lain.

[RS/ RH]

1 Komentar

  • Febi Andriani

    bayi sy alergi susu sapi smjk umur 2 bln,skrng bayi sy minum susu sgm soya,boleh kh umur 6 bln sy ganti susu y dgn susu biasa lg???