Sukses

Cara Makan Enak Tanpa Takut Gemuk

Siapa bilang makan enak selalu bikin gemuk? Tidak, kok. Ini caranya.

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang tentu ingin makan enak. Tapi sayangnya, banyak makanan enak yang tak sehat. Apalagi kalau Anda konsumsi berlebihan, risikonya adalah gemuk atau obesitas.

Faktanya, kegemukan merupakan salah satu faktor risiko penyakit dan serangan jantung, stroke, hipertensi, maupun diabetes. Jadi, kegemukan bukan sekadar masalah estetika. Tapi juga asal mula berbagai penyakit berbahaya.

Namun itu bukan berarti Anda tidak boleh makan enak. Anda tentu boleh melakukannya, bahkan tanpa perlu khawatir kegemukan. Ini caranya:

  1. Makanlah layaknya bangsawan

    Anda tidak perlu mengambil makanan banyak-banyak. Ambilah sedikit, dan nikmati sambil bercengkerama dengan teman di meja makan.

    Mulailah makan sebelum Anda terlalu lapar dan isilah perut dengan camilan sehat seperti buah, biskuit gandum, kismis atau kurma. Lalu, berhentilah makan sebelum kenyang.

  2. Nikmati hidup dengan lezatnya makanan

    Sinyal otak akan membuat Anda kenyang dan puas saat kekenyangan. Dengan demikian, kelezatan di lidah Anda akan berkurang. Jadi, nikmatilah suap demi suap makanan yang masuk ke dalam mulut Anda, dan jangan biarkan rasa lezatnya berkurang terlalu jauh.

    Satu lagi, usahakan untuk mencicipi semua makanan yang terhidang. Mencicipi artinya Anda mencoba seluruh makanan dalam porsi kecil, bukan menghabiskan semua dalam porsi besar.

  3. Awali dengan air, tutup dengan air

    Awali makan Anda dengan segelas air putih. Dengan demikian, lambung Anda akan teregang dan mengirim sinyal kenyang ke otak. Cara ini efektif untuk mencegah Anda makan berlebihan.

  4. Time out

    Rasa nikmat makanan biasanya membuat Anda ingin segera menambah porsi. Saran kami, jangan buru-buru menambah makanan di piring Anda.

    Istirahatlah sejenak, minum air dahulu. Lambung Anda perlu waktu untuk mencerna dan menampung makanan yang baru saja Anda konsumsi. Ketika lambung sudah terasa penuh, Anda tidak akan terasa begitu lapar. Keinginan menambah makanan pun menurun.

  5. Rutin olahraga

    Dengan rutin olahraga, kalori berlebih di dalam tubuh akan terpakai. Ini artinya Anda akan terhindar dari kegemukan, serta penyakit lainnya.

    Dengan olahraga, Anda juga menjadi lebih sehat karena sirkulasi darah lebih lancar. Anda pun akan merasa bugar dan segar. Selain itu, apabila sudah rutin olahraga, Anda juga merasa enggan untuk makan sembarangan.

Sekarang Anda sudah tahu cara makan enak tanpa takut gemuk. Yuk, mulai kebiasaan baik ini dari sekarang. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kegemukan dan penyakit berbahaya lainnya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar