Sukses

Benarkah Menjalani Kehamilan Kedua Lebih Mudah?

Sebagai ibu yang sedang menjalani kehamilan kedua, Anda mungkin bertanya-tanya, apakah ada perbedaan antara kehamilan pertama dan kedua?

Klikdokter.com, Jakarta Saat menjalani kehamilan kedua, Anda mungkin bertanya-tanya, adakah perbedaan antara kehamilan pertama dan kedua? Ya, Anda memang akan mengalami beberapa perubahan pada kehamilan kedua. Tapi ada beberapa hal yang masih tetap sama seperti kehamilan pertama.

Salah satu perubahan tersebut berkaitan dengan keluhan pegal atau nyeri punggung saat hamil. Bila belum melakukan olahraga setelah melahirkan anak pertama, kemungkinan munculnya keluhan nyeri punggung saat kehamilan kedua jauh lebih tinggi.

Karena itu, Anda perlu berolahraga. Olahraga untuk menguatkan otot perut, yang sejalan dengan usia kehamilan, dapat mencegah atau mengurangi keluhan nyeri punggung.

Perubahan lain yang terjadi adalah perasaan cepat lelah pada kehamilan berikutnya. Tak heran, sebab waktunya banyak tersita untuk merawat anak pertama. Karena itu, manajemen waktu dan istirahat yang cukup perlu diperhatikan. Libatkan pasangan dan keluarga untuk membantu Anda.

Setiap kehamilan sebenarnya berbeda dan unik, sehingga sulit memprediksi proses kehamilan kedua. Beberapa keluhan umum memang mungkin muncul kembali di kehamilan kedua.

Pengalaman pada kehamilan pertama bisa Anda jadikan sebagai pelajaran agar keluhan tersebut terjadi berulang kali. Misalnya: jika mengalami sembelit atau wasir pada kehamilan pertama, Anda dapat mencegah terulangnya hal tersebut dengan cairan dan makanan tinggi serat dan olahraga teratur.

Jadi, pemahaman mengenai perubahan selama kehamilan dapat membantu Anda berpikir positif dan beradaptasi dengan perubahan tersebut. Alhasil, Anda dapat lebih mudah menjalani kehamilan kedua.

[BA/ RH]

4 Komentar