HomeInfo SehatKulit4 Perawatan Sederhana untuk Cegah Kulit Keriput
Kulit

4 Perawatan Sederhana untuk Cegah Kulit Keriput

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 19 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kini, Anda bisa mencegah kulit keriput melalui perawatan sederhana di rumah.

4 Perawatan Sederhana untuk Cegah Kulit Keriput

Kulit keriput merupakan salah satu tanda penuaan dini. Setiap orang, terlebih kaum wanita, biasanya akan merasa sangat cemas bila hal ini terjadi pada kulit wajah mereka.

Beberapa faktor yang memicu kulit keriput yaitu paparan sinar ultraviolet, radikal bebas, dan kurangnya cairan dalam tubuh. Faktor lainnya adalah menurunnya fungsi normal tubuh seiring bertambahnya usia.

Namun, Anda bisa mencegah terjadinya kulit keriput melalui perawatan sederhana dan alami di rumah. Beberapa perawatan tersebut antara lain, yaitu:

Konsumsi kakao

Sebuah penelitian yang dimuat dalam The Journal of Nutrition, 2006, menemukan bahwa kakao mengandung kadar flavanol yang sangat tinggi. Flavanol adalah salah satu kandungan dalam tanaman yang memiliki fungsi antioksidan dan antiradang. Senyawa ini akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan kelembaban kulit. Flavanol juga membantu melawan aksi radikal bebas yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput.

Mengoleskan lidah buaya

Lidah buaya terkenal memiliki banyak manfaat. Mulai dari berkhasiat untuk menyuburkan rambut hingga melancarkan pencernaan. Tanaman yang mudah ditemukan ini juga memiliki efek meredakan radang pada kulit akibat paparan sinar matahari, melembapkan, dan menjaga keelastisan kulit. Oleskan lendir lidah buaya segar pada kulit untuk memberi efek dingin dan relaksasi.

Mencuci wajah dengan benar

Mencuci wajah itu penting supaya kulit terbebas dari kotoran yang dapat menyebabkan jerawat dan kulit kusam. Namun, mencuci wajah juga dapat menghilangkan minyak alami pada kulit yang berfungsi menjaga kelembapan kulit. Karena itu, Anda perlu menghindari mencuci wajah terlalu sering.

Minyak esensial

Anda bisa mengoleskan pelembap di wajah untuk untuk membantu menjaga kelembapan kulit setelah mencuci wajah. Untuk pelembap alami, Anda dapat menggunakan berbagai minyak esensial untuk kulit. Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa esensial untuk membantu menjaga kelembapan dan keelastisan kulit.

Selain perawatan alami dan sederhana di rumah, Anda juga bisa menambahkan konsumsi suplemen vitamin E dan kolagen untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Dermatology, ditemukan bahwa konsumsi suplementasi kolagen selama 8 minggu penuh terbukti meningkatkan kelembapan kulit secara signifikan.

Selain kolagen, konsumsi suplementasi yang mengandung soy isoflavone juga baik untuk kulit. Soy isoflavone adalah senyawa hormon yang berasal dari kacang kedelai, serupa dengan flavanol pada kakao. Soy isoflavone ini juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya berbagai tanda penuaan dini, salah satunya keriput.

Tentunya, jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan karena hal sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

[BA/ RH]

Perawatan KulitWajah Keriputkeriput

Konsultasi Dokter Terkait