Diet dan Nutrisi

6 Makanan yang Ampuh Meningkatkan Kekebalan Tubuh

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 17 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Infeksi sering dikaitkan dengan daya tahan tubuh yang turun. Dengan mengonsumsi makanan, kekebalan tubuh diyakini kembali meningkat.

6 Makanan yang Ampuh Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem daya tahan tubuh atau imunitas memegang peranan penting dalam mencegah penyakit. Karena itu penting untuk memastikan bahwa sistem daya tahan tubuh seseorang berfungsi dengan baik.

Ada beberapa makanan yang dianggap memiliki manfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, yaitu:

1. Buah sitrus

Buah-buahan sitrus kaya akan vitamin C yang dapat menunjang produksi sel darah putih. Beberapa buah yang masuk dalam kelompok ini adalah jeruk, lemon, dan kiwi.

2. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan yang kaya vitamin dan mineral. Sayuran yang mengandung vitamin A, C, E, antioksidan, dan serat ini adalah salah satu makanan tersehat. Anda bisa menyajikannya untuk keluarga untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Jahe

Jahe dikenal akan kemampuannya untuk membantu meringankan gejala akibat proses peradangan, seperti radang pada tenggorok dan bagian tubuh lainnya. Selain itu, jahe memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan, termasuk mengurangi rasa mual, mengatasi nyeri, serta membantu menurunkan kadar kolesterol.

4. Bayam

Bayam tidak hanya kaya akan vitamin C, namun juga mengandung berbagai antioksidan dan beta-karoten, yang meningkatkan kemampuan sistem daya tahan tubuh atau imunitas dalam melawan infeksi.

5. Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi pilihan yang baik untuk membantu meningkatkan imunitas, karena mengandung bakteri yang baik bagi saluran pencernaan. Selain itu, yoghurt kaya akan vitamin D yang meregulasi sistem daya tahan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

6. Teh hijau

Teh hijau mengandung flavonoid yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Minuman ini juga mengandung kadar epigallocatechin gallate (EGCG) yang cukup tinggi, yang bermanfaat dalam menunjang fungsi kekebalan tubuh.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak makanan yang baik untuk daya tahan tubuh atau imunitas. Dengan memastikan asupan makanan yang baik untuk kekebalan tubuh setiap harinya, Anda dapat mengurangi risiko tertular penyakit infeksi.

[BA/ RH]

kekebalan Tubuhdaya tahan tubuhImunitas

Konsultasi Dokter Terkait