Sukses

Makanan Pedas Memicu Wasir, Mitos atau Fakta?

Apakah mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan wasir atau hemoroid?

Klikdokter.com, Jakarta Wasir merupakan kondisi di mana pembuluh darah di sekitar rektum dan anus membesar. Keluhan yang ditimbulkan wasir cukup mengganggu –seperti gatal, serta perdarahan dan nyeri saat buang air besar. Banyak anggapan bahwa wasir terjadi karena seseorang sering mengonsumsi makanan pedas, benarkah?

Penyebab pastinya memang masih belum dapat ditentukan. Namun wasir atau yang juga dikenal dengan sebutan hemorrhoid, sering dikaitkan dengan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus.

Dengan adanya peningkatan tersebut, peradangan pada pembuluh darah menjadi lebih mungkin terjadi. Selain itu, banyak kasus wasir juga dihubungkan dengan konstipasi, mengejan saat buang air besar, serta kurangnya asupan serat.

Beberapa pihak juga menuding konsumsi makanan pedas sebagai salah satu pemicu atau memperburuk kondisi wasir. Ini membuat penderita wasir cenderung menghindari konsumsi makanan pedas karena takut memperburuk keadaan.

Namun, hasil dari penelitian yang ada menunjukkan bahwa makanan pedas tidak secara langsung menyebabkan terjadinya wasir. Sebab makanan pedas tidak memengaruhi pembuluh darah di sekitar anus.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Disorders of Colon and Rectum melaporkan bahwa konsumsi makanan pedas tidak menyebabkan perburukan pada gejala wasir. Studi tersebut juga tidak melarang asupan makanan pedas sesekali bagi penderita wasir.

Tapi beberapa pakar berpendapat bahwa meski makanan pedas tidak menyebabkan wasir secara langsung, konsumsi secara berlebih dapat menimbulkan beberapa keluhan pada saluran pencernaan. Hal ini diduga dapat memperburuk keluhan wasir.

Namun penting untuk diingat bahwa respons masing-masing tubuh terhadap makanan pedas tentu bervariasi. Bila Anda sensitif terhadap makanan pedas dan menderita wasir, diskusikan dengan dokter mengenai penanganan dan menu makanan yang baik untuk dikonsumsi.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar