Sukses

Apakah Pewarna dan Perasa Makanan Bisa Bikin Alergi?

Penggunaan pewarna dan perasa makanan lazim ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Klikdokter.com, Jakarta Alergi makanan kerap datang tiba-tiba. Gejalanya bisa ringan hingga berat dan mengacaukan aktivitas anak.

Banyak sekali makanan yang dapat memicu alergi. Namun, alergi makanan paling sering disebabkan oleh makanan laut, kacang tanah, kacang pohon, telur, susu sapi, dan gandum.

Bagaimana dengan pewarna dan perasa yang banyak digunakan dalam pengolahan makanan? Apakah bisa menyebabkan alergi juga? Penelitian menunjukkan bahwa reaksi alergi terhadap pewarna dan perasa makanan sangatlah jarang.

Namun, berbagai bahan tambahan tersebut diketahui dapat menimbulkan reaksi intoleransi. Intoleransi ini dapat berupa rasa gatal, hidung berair, dan asma.

Anak penderita asma dan eksim sebaiknya tetap waspada. Sulfit dan benzoat yang ditambahkan pada makanan dapat memicu reaksi alergi pada kedua pengidap penyakit ini.

Kesimpulannya, reaksi alergi terhadap pewarna dan perasa makanan masih sangat jarang. Namun, reaksi intoleransi terhadap bahan-bahan tersebut dapat terjadi. Tetaplah waspada terutama pada penderita asma dan eksim.

Selain itu, Anda perlu lebih cermat dalam menyajikan makanan pada anak. Perhatikan, apakah makanan tersebut memiliki bahan yang dapat mencetuskan alergi pada anak dan sebagainya. Semoga info yang kami sampaikan berguna!

[RS/MFW]

0 Komentar

Belum ada komentar