HomeIbu Dan anakKesehatan BayiBayi Cesar Lebih Rentan Terkena Alergi?
Kesehatan Bayi

Bayi Cesar Lebih Rentan Terkena Alergi?

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, 09 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apakah benar jika bayi lahir cesar lebih berisiko mengalami alergi?

Bayi Cesar Lebih Rentan Terkena Alergi?

Banyak informasi beredar bahwa bayi yang lahir melalui cesar dianggap lebih rentan terkena alergi. Apakah benar demikian?

Sebelumnya, penting untuk mengetahui apa itu alergi. Alergi merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh yang tidak normal terhadap suatu bahan yang disebut alergen. Alergi makanan dan eksim sering kali menjadi gejala pertama alergi pada usia bayi.

Cegah Ruam, Berapa Jam Sekali Bayi Harus Ganti Popok?

Lalu, pendapat bahwa bayi lahir cesar lebih berisiko alergi bukanlah tanpa dasar. Kelahiran cesar dapat menunda pengenalan kuman kepada bayi, sehingga berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Kuman-kuman tersebut berada di jalan lahir, yang tidak dilewati bayi yang lahir dari operasi cesar.

Beberapa penelitian menemukan adanya peningkatan alergi pada anak yang lahir cesar. Namun, penelitian-penelitian tersebut memiliki kekurangan. Hal ini dikarenakan masing-masing bayi yang lahir cesar memiliki kondisi dan indikasi operasi yang berbeda-beda.

Penelitian yang lebih besar dan bermetode lebih baik menyatakan, hubungan antara metode persalinan dengan risiko alergi perlu ditelaah lebih dalam lagi atau masih kurang bukti. Angka kejadian alergi masih relatif setara pada bayi lahir cesar maupun normal.

Artikel lainnya: Operasi Caesar Bisa Pengaruhi Produksi ASI, Benarkah?

Jadi, jangan buru-buru khawatir bila anak lahir cesar. Belum terbukti anak yang lahir cesar lebih berisiko terkena alergi. Diperlukan data dan metode penelitian yang baik untuk mendukung pernyataan tersebut.

[RS/MFW]

Bayi CesarAlergi

Konsultasi Dokter Terkait