HomeInfo SehatKulit4 Makanan Ini Bikin Kulit Makin Berminyak
Kulit

4 Makanan Ini Bikin Kulit Makin Berminyak

dr. Nadia Octavia, 09 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Awas, empat makanan ini bisa membuat kulit makin berminyak.

4 Makanan Ini Bikin Kulit Makin Berminyak

Memiliki kulit berminyak mungkin sedikit merepotkan. Anda perlu memilih perawatan wajah yang benar-benar tepat. Pasalnya, produksi minyak berlebih dapat memudahkan timbulnya jerawat.

Selain memilah produk perawatan, ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan: konsumsi makanan sehari-hari. Ya, ternyata beberapa makanan dapat membuat kulit makin berminyak. Apa saja makanan tersebut?

1. Gorengan

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Dermato-Endocrinology, konsumsi asam lemak omega-6 (seperti yang terdapat pada minyak sayur) berlebih dapat meningkatkan risiko peradangan dan jerawat.Karena itu, jika tak ingin jerawat menghiasi wajah, hindarilah makanan yang digoreng dengan minyak berlebihan (deep fried).

2. Susu dan produk olahannya

Studi yang diterbitkan oleh American Academy of Dermatology menyatakan, susu dan produk olahannya mengandung kadar hormon yang tinggi sehingga dapat menyumbat pori-pori dan memicu pertumbuhan jerawat.Jika kulit Anda tergolong sensitif dengan produk olahan susu, sebaiknya ganti susu sapi dengan susu almon atau susu kedelai.

3. Karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat –seperti roti putih, nasi putih, dsb– memiliki indeks glikemik yang juga tinggi. Jika dikonsumsi maka dapat menaikkan kadar gula darah dengan cepat, kemudian menurunkannya dengan cepat pula. Studi dari American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan produksi minyak di kulit Anda.

4. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula tak hanya memicu kegemukan, tapi juga kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih. Selain itu, gula dapat meningkatkan kadar insulin dengan cepat dan menyebabkan peradangan di tubuh (termasuk kulit berupa jerawat).

Kulit yang berminyak bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya dari pola makan. Oleh karena itu, jika tak ingin wajah berminyak, konsumsilah makanan yang tinggi vitamin dan antioksidan. Semoga bermanfaat!

[RS/ RH]

Kulit BerminyakmakananJerawat

Konsultasi Dokter Terkait