HomeInfo SehatJantung4 Jenis Olahraga untuk Jantung Sehat
Jantung

4 Jenis Olahraga untuk Jantung Sehat

dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA, 06 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apa saja jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung?

4 Jenis Olahraga untuk Jantung Sehat

Olahraga memiliki banyak manfaat yang tak bisa diabaikan. Studi mengungkapkan, olahraga rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner hingga 40 persen.

Penyakit jantung koroner termasuk penyakit jantung yang ditakuti dan mematikan. Kegemukan dan obesitas menjadi salah satu faktor risiko utamanya. Untuk mencegah dua hal tersebut, menjaga pola makan dan berolahraga rutin sangatlah penting.

Menurut American Heart Association, jenis-jenis olahraga yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner adalah jalan kaki, jogging, bersepeda, dan berenang. Keempatnya termasuk olahraga aerobik yang mudah, praktis, dan murah. Anda tidak perlu peralatan apa pun untuk melakukannya.

Di samping itu, bersepeda akan menjadi alternatif yang baik bila Anda berusia di atas 65 tahun atau memiliki lutut yang bermasalah. Berenang juga sangat ideal karena bisa melatih kekuatan otot dan menggerakkan hampir semua bagian tubuh.

Lalu, berapa kali sebaiknya Anda berolahraga? Sedapat mungkin, lakukan olahraga aerobik setiap hari. Jika belum sanggup, cobalah olahraga intensitas sedang selama 30 menit dan sebanyak lima kali seminggu. Pilihan lain adalah olahraga intensitas sedang selama 30 menit sampai sejam, sebanyak tiga kali seminggu.

Bila Anda sangat sibuk, luangkan waktu untuk berolahraga di kantor atau di tempat kerja 10-15 menit, sebanyak dua-tiga kali dalam sehari. Sedapat mungkin lakukanlah setiap hari. Sebagai tambahan, Anda bisa melakukan latihan kekuatan otot dan peregangan dua kali seminggu.

Tidak terbiasa untuk berolahraga rutin? Jangan khawatir, ada beberapa kiat supaya Anda tetap termotivasi.

Pada prinsipnya, cobalah untuk selalu aktif sekalipun saat jam kerja. Selain itu, jika target olahraga yang direkomendasikan tersebut belum dapat dijalankan, mulailah dengan target yang ringan lalu tingkatkan. Jalan kaki adalah pilihan yang tepat, ringan, dan menyenangkan.

Buatlah olahraga jadi kegiatan yang menyenangkan. Ajak teman-teman atau iringi dengan musik favorit untuk menambah semangat. Dengan berolahraga rutin, jantung Anda pun sehat sampai tua!

[RS/MFW]

OlahragaJantung sehat

Konsultasi Dokter Terkait