HomeInfo SehatJantungDuduk Terlalu Lama Bisa Picu Serangan Jantung
Jantung

Duduk Terlalu Lama Bisa Picu Serangan Jantung

dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA, 05 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Hati-hati, duduk terlalu lama bisa membahayakan kesehatan jantung Anda!

Duduk Terlalu Lama Bisa Picu Serangan Jantung

Teknologi dapat membantu memudahkan aktivitas manusia. Namun sayangnya, segala keluasan ini membuat banyak orang jarang bergerak alias duduk berlama-lama. Padahal, kebiasaan tersebut bisa berakibat buruk bagi jantung.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine mengungkap, wanita usia pertengahan yang duduk lebih dari 11 jam setiap hari berisiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular – salah satunya penyakit jantung.

Diduga, hal ini terjadi karena duduk terlalu lama identik dengan kurangnya aktivitas fisik. Akibatnya lemak tertimbun secara berlebihan sehingga menimbulkan risiko penyakit metabolik, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tidak terkontrol, dan diabetes.

Ketiga penyakit tersebut, bersamaan dengan obesitas, adalah faktor utama yang dapat meningkatkan serangan jantung.

Oleh karena itu, segera ubah kebiasaan duduk terlalu lama ini. Apalagi jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit kardiovaskular.

Istirahatlah dari posisi duduk jika merasa sudah terlalu lama duduk, atau jika sudah merasa pegal. Beberapa orang bahkan menggunakan standing desk saat bekerja di kantor atau rumah.

Saat meeting, tak ada salahnya juga untuk melakukannya sambil berdiri (tentunya ajak teman-teman lainnya, ya!). Siapa tahu, meeting sambil berdiri dapat membuat Anda dan kolega lebih produktif.

Selain itu, untuk mengurangi risiko serangan jantung, jalankan pola makan sehat dan olahraga teratur. Orang dewasa dianjurkan untuk melakukan aktivitas aerobik selama 30 menit per hari, lima hari dalam seminggu.

Aktivitas aerobik yang dimaksud dan bermanfaat untuk kesehatan jantung adalah jalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda.

Jika memang sangat sibuk, usahakan untuk tetap aktif bergerak apa pun kegiatan Anda. Misalnya, berjalanlah ke kantin ketimbang memesan makanan lewat telepon. Atau, hampiri rekan kerja ke mejanya untuk menyampaikan sesuatu daripada lewat WhatsApp.

Ingat, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi, kurangi kebiasaan tersebut dan bergeraklah agar tetap sehat!

[RS/ MFW]

Duduk Terlalu LamaSerangan Jantung

Konsultasi Dokter Terkait