Sukses

Gerakan Lima Menit di Kantor Agar Tetap Fit

Tak perlu lama-lama, gerakan selama lima menit saja bisa mengubah hidup Anda!

Klikdokter.com, Jakarta Pekerja kantoran sering kali duduk berlama-lama. Kebiasaan ini tak hanya berdampak pada kesehatan jantung, tapi juga bagian tubuh lainnya. Akibatnya, pekerjaan menjadi tidak nyaman dilakukan.

Agar tubuh fit kembali, cobalah gerakan lima menit ini di ruangan kerja Anda:

  1. Lepaskan sementara sepatu Anda. Berdiri dari kursi, luruskan kedua tangan Anda ke atas, dan regangkan sampai hitungan ke sepuluh. Lalu, lemaskan lengan Anda di samping selama tiga detik. Ulangi hingga tiga kali.

  2. Masih dalam posisi berdiri, condongkan tubuh ke depan dengan kedua lengan bertumpu pada ujung meja di depan Anda. Tahan posisi tersebut sepuluh detik.

  3. Melompat-lompatlah di tempat. Lakukan selama sepuluh detik kemudian istirahat tiga detik. Ulangi sebanyak lima kali.

  4. Lakukan gerakan seperti sedang meraih sesuatu di udara. Raih dengan tangan Anda setinggi-tingginya sambil meregangkan tubuh. Lakukan selama sepuluh detik dan selingi dengan istirahat tiga detik. Ulangi sebanyak lima kali.

  5. Berdiri tegak di sebelah meja kerja Anda. Membungkuklah dan berusaha menyentuh ujung jari kaki Anda dengan ujung jari tangan. Tahan posisi tersebut sepuluh detik. Ulangi sebanyak lima kali, selingi dengan istirahat tiga detik.

  6. Berdiri tegak, dengan tangan kanan diletakkan di pinggang kanan, sementara tangan kiri di pinggang kiri. Putar badan Anda ke kanan dan ke kiri, bergantian masing-masing dua kali. Lakukan delapan kali putaran ke kanan dan delapan kali putaran ke kiri. Istirahat tiga detik, lalu lakukan lagi delapan kali putaran ke kanan, dan delapan kali putaran ke kiri. Istirahat tiga detik lalu lakukan lagi.

  7. Anda duduk lagi di kursi, lipat lengan di depan dada. Tangan kiri meremas pundak kanan, sementara tangan kanan meremas pundak kiri. Lakukan gerakan memijat selama tiga puluh detik, kemudian istirahat sepuluh detik. Ulangi kembali dua kali (setelahnya Anda boleh mengulangi lagi sebanyak dua kali, dengan variasi pijat bagian tengkuk).

  8. Pejamkan mata Anda selama enam puluh detik. Fokuslah pada napas dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan. Anda boleh membayangkan orang-orang yang Anda cintai atau sekadar berdoa. Setelah itu, Anda bisa membuka mata dan siap kembali bekerja.

Lakukanlah gerakan lima menit tersebut secara berurutan. Anda dapat melakukannya setiap satu setengah jam Anda duduk, atau jika Anda sudah merasa pegal. Selamat beraktivitas!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar