Sehat dan Bugar

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

dr. Karin Wiradarma, 05 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sarapan bukan sekadar makan biasa. Pemilihan menu sarapan yang baik juga perlu Anda perhatikan.

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Jangan sembarangan memilih menu sarapan. Salah-salah, bukannya sehat yang didapat, malah masalah kesehatan lain yang mengintai. Berikut adalah lima makanan yang sebaiknya dihindari saat sarapan:

  • Mi Instan Mie instan kurang mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, serta memiliki kadar garam yang tinggi. Karena itu, mi instan termasuk makanan yang kurang baik untuk sarapan, terutama bagi penderita tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.
  • Makanan Kaleng Meski praktis, makanan kaleng sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sarapan. Jenis makanan ini mengandung tinggi garam dan gula. Nutrisinya juga lebih sedikit dibandingkan dengan bahan makanan segar.
  • Roti Putih dengan Margarin Margarin populer sebagai teman makan roti. Tapi ternyata, pilihan ini kurang baik untuk kesehatan karena tingginya karbohidrat dan lemak jahat.
  • Jus Buah Anda terkejut melihat jus buah di daftar sarapan yang kurang sehat? Meski bervitamin dan mineral, jus buah juga memiliki gula yang tinggi dan serat yang rendah. Hal ini bisa menjadi malapetaka bagi pelaku diet atau penderita diabetes.
  • Kue Kue mengandung tinggi kalori, karbohidrat, dan lemak jahat yang dapat mengacaukan diet Anda. Tak hanya itu, kue juga kurang bersahabat bagi pengidap diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung.

Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting untuk menunjang aktivitas harian Anda. Jangan sampai Anda salah memilih menu sarapan dan tidak mendapatkan manfaatnya. Salam sehat! [RS/MFW]

Manfaat Sarapanmenu sarapan sehatSarapan

Konsultasi Dokter Terkait