Diet dan Nutrisi

3 Mitos Keliru Seputar Makanan Organik

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 27 Apr 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Jangan keliru. Inilah fakta di balik mitos seputar makanan organik yang beredar di masyarakat.

3 Mitos Keliru Seputar Makanan Organik

Dengan meningkatnya orang yang ingin hidup sehat, makanan organik menjadi semakin populer. Karena itu, tidak heran bila makanan ini diselimuti sederet mitos, yang bisa menyesatkan Anda sebagai konsumennya.

Berikut adalah 4 mitos mengenai makanan organik beserta faktanya:

  1. Makanan organik lebih baik untuk lingkungan sekitar

    Walaupun produksi makanan organik bebas dari zat kimiawi buatan, jumlah sarana dan sumber daya yang digunakan untuk memproduksi makanan ini lebih banyak daripada makanan konvensional.

  2. Makanan organik dapat mencegah penyakit tertentu

    Beberapa pakar dari American Academy of Pediatrics menyampaikan bahwa makanan organik belum terbukti secara pasti dapat menurunkan risiko terhadap penyakit jenis tertentu.

  3. Makanan organik mendukung perusahaan pertanian kecil

    Sebagian besar produksi makanan organik dilakukan oleh perusahaan ternama, bukan oleh perusahaan pertanian kecil. Selain itu, sebagian perusahaan juga mengimpor makanan organik dari negara lain.

    Ingat, beberapa mitos yang dipaparkan di atas merupakan pendapat dari pakar atau badan tertentu. Masih dibutuhkan banyak penelitian untuk menunjukkan manfaat dari konsumsi makanan organik, dan apakah makanan ini merupakan pilihan yang lebih baik.

Yuk, bersama-sama meningkatkan pengetahuan mengenai makanan organik maupun konvensional yang ada. Sehingga pada akhirnya, Anda dapat menentukan jenis makanan yang paling sesuai untuk dikonsumsi sehari-hari.

(NB/MFW)

MitosmakananMakanan Organik

Konsultasi Dokter Terkait