Sukses

Benarkah Keturunan Satu-Satunya Penyebab Alergi?

Keturunan atau genetik diduga sebagai satu-satunya penyebab alergi.

Klikdokter.com, Jakarta Alergi adalah suatu kondisi yang tidak bisa disembuhkan. Satu-satunya kondisi yang diduga menjadi latar belakangnya adalah faktor keturunan atau genetik. Apa kata medis?

Alergi merupakan suatu reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap suatu unsur–yang disebut alergen. Beberapa yang diduga menjadi alergen adalah debu, serbuk sari, tungau, makanan, obat, dan sebagainya.

Alergi bersifat herediter atau genetik. Artinya, jika salah satu orangtua memiliki riwayat alergi, maka risiko anak terkena alergi adalah sekitar 30%. Sedangkan, jika kedua orangtua memiliki riwayat alergi, maka kemungkinan anak terkena hal yang sama adalah lebih dari 60%.

Meski begitu, reaksi alergi pada anak tidak melulu sama dengan orangtuanya. Contohnya pada orangtua yang memiliki riwayat asma. Namun anaknya bisa saja menderita rhinitis alergi, yaitu alergi pada hidung dengan gejala sering bersin atau pilek.

Namun genetik bukanlah satu-satunya latar belakang terjadinya alergi pada anak. Artinya, anak yang tidak memiliki riwayat alergi dikeluarganya juga terkena alergi.

Penyebabnya ada banyak. Mulai dari faktor lingkungan hingga gaya hidup –seperti kebiasaan merokok. Infeksi dan obat-obatan juga memiliki pengaruhnya masing-masing.

Dari penjelasan di atas, bisa Anda lihat kalau faktor keturunan bukanlah satu-satunya penyebab alergi. Karena pada dasarnya, alergi adalah suatu keluhan yang berhubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin mengetahui risiko alergi pada anak, maka dapat mengunjungi website ini.

(NB/ RH)

1 Komentar