Sukses

Kiat Agar Alergi Anak Tidak Menetap Hingga Dewasa

Tidak ingin alergi anak menetap hingga dewasa? Baca kiatnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Di dunia, lebih dari 40% anak usia sekolah menderita alergi. Tak jarang, alergi tersebut menetap hingga dewasa. Lantas, adakah cara untuk mencegah hal ini?

Tidak dimungkiri, beberapa jenis alergi pada anak memang bisa berlanjut hingga dewasa. Namun, Anda tentu dapat memperkecil risiko ini. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Berikan ASI eksklusif

    Berikan anak ASI eksklusif sampai usianya 6 bulan. Setelah itu, berikan makanan pendamping ASI (MPASI). Dengan demikian, daya tahan tubuh anak akan meningkat, dan risiko alergi akan berkurang.

  2. MPASI

    Menginjak 6 bukan ke atas, kenalkan anak dengan makanan yang sering menimbulkan alergi (alergenik) –seperti susu formula, kacang, keju, telur matang, dan lainnya.

    Jika tidak ada reaksi alergi, tambah jumlahnya dan lanjutkan tanpa mengubah menu selama 3-5 hari. Jika muncul reaksi alergi usai mengonsumsi makanan tertentu, segera eliminasi makanan tersebut dari menu sehari-hari.

  3. Jauhi asap rokok

    Banyak penelitian yang membuktikan bahwa paparan asap rokok dapat mengiritasi saluran napas. Asap rokok juga berkontribusi terhadap perkembangan alergi maupun asma pada anak.

  4. Ketahui pemicunya dan hindari

    Jika sudah terdiagnosis alergi, yang harus dilakukan selanjutnya adalah mencegahnya dengan menghindari pencetusnya. Perhatikan kapan dan di mana biasanya reaksi alergi muncul.

    Bila masih belum diketahui pencetusnya, Anda dapat melakukan tes alergi (skin prick test). Beberapa pemicu alergi tersering, yakni:

    • Tungau
    • Serbuk sari
    • Debu
    • Susu dan produk olahannya
    • Obat-obatan, seperti antibiotik
    • Kosmetik, misalnya: bedak bayi

  5. Konsultasi pada dokter anak

    Dokter akan membantu mencari tahu penyebab alergi anak dan cara untuk mencegahnya. Jika yang dialami anak adalah asma atau rhinitis alergi, dokter biasanya akan menyertakan obat-obatan untuk dikonsumsi rutin guna mencegah kekambuhan.

Alergi memang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dikendalikan. Ketahui faktor pencetusnya dan hindari sekarang juga. Dengan demikian, alergi anak diharapkan tidak berlanjut hingga dewasa.

(NB/ RH)

1 Komentar

  • Chaniago SHonia

    Dok sya mau tanya,sya baru 3 hari pasang implan di puskesmas lalu dtutupin sm kapas dn dberi plastik lem tp knp kok dlm 2 hr ni bauk nya Busuk dlengan sya yg psng implan itu dok apa krn bekas darah yg keluar ato krn apa ya dok tolong dijelasin dok