Sukses

Cara Mudah Atasi Alergi Tanpa Obat

Tahukah Anda bahwa jenis alergi tertentu bisa diatasi tanpa obat? Simak selengkapnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Alergi adalah suatu kondisi yang bisa sangat mengganggu, bahkan menurunkan kualitas hidup penderitanya. Saat kambuh, tidak sedikit orang yang langsung minum obat. Padahal, tidak semua jenis alergi butuh obat, lho!

Secara umum, alergi dapat diartikan sebagai bentuk reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap suatu unsur yang sebenarnya tidak berbahaya. Gejala yang muncul dapat berupa bersin-bersin, batuk, ruam pada kulit, gatal, atau sesak napas.

Meski tidak dapat disembuhkan, jenis alergi tertentu dapat diatasi dan dikendalikan tanpa obat. Jenis alergi yang dimaksud adalah alergi dengan derajat ringan- sedang. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Menghindari faktor pencetus (alergen)

    Menghindari alergen adalah cara mengendalikan alergi yang paling baik. Karena pada dasarnya, alergi tidak akan muncul jika tidak ada faktor pencetusnya.

    Misalnya, jika Anda alergi udang, maka sebisa mungkin hindari segala sesuatu yang berbahan dasar udang. Dengan begitu, alergi tidak akan kambuh.

  2. Hindari asap rokok

    Asap rokok dapat memicu alergi, termasuk asma. Selain itu, zat berbahaya ini juga dapat memperparah gejala hidung dan mata gatal, bersin-bersin, serta pilek.

  3. Mencuci hidung

    Untuk penderita rhinitis alergi, gejala yang muncul umumnya berupa hidung mampet, bersin, atau gatal di hidung. Sebelum memutuskan untuk minum obat, cobalah untuk mencuci hidung dengan air hangat yang dicampur garam.

  4. Mandi

    Saat keluar rumah, tubuh berpotensi besar untuk terpapar berbagai alergen –seperti debu, asap, atau serbuk sari. Di satu sisi, mandi dapat menghilangkan dan mencegah alergen tersebut menempel di tempat tidur, pakaian, atau di perabot rumah Anda.

Nah, sekarang Anda sudah tahu cara mudah atasi alergi tanpa obat, bukan? Ingat, trik di atas hanya berlaku untuk alergi derajat ringan-sedang. Jangan gunakan untuk mengatasi alergi derajat berat. Karena pada dasarnya, penanganan setiap alergi tidak melulu sama.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar