Sukses

Benarkah Ibu Hamil Harus Makan Banyak?

Mentang- mentang berbadan dua, apakah berarti ibu hamil harus makan untuk dua orang?

Klikdokter.com, Jakarta Sering dengar bahwa ibu hamil harus makan untuk dua orang ia dan janinnya? Faktanya, hal tersebut sama sekali tidak benar. Jumlah kebutuhan kalori yang dibutuhkan wanita hamil ditentukan oleh indeks massa tubuh (IMT), aktivitas, dan jenis kehamilan (kembar atau tidak).

Jika IMT Anda normal sebelum hamil, perlu diperhatikan bahwa pada trimester pertama, Anda tidak membutuhkan tambahan kalori.

Pada trimester dua dibutuhkan tambahan 300 kalori per hari. Tambahan tersebut setara dengan dua gelas susu dan semangkuk oatmeal. Sedangkan pada trimester tiga dibutuhkan tambahan 500 kalori per hari.

Bagaimana jika Anda hamil kembar? Maka Anda membutuhkan tambahan 300 kalori per hari untuk masing-masing janin.

Pola Makan Saat Hamil
Saat hamil, menambah jumlah makanan memang penting. Namun, Anda juga tidak boleh lengah dalam memilih makanan.

Konsumsilah makanan bernutrisi tinggi untuk mendukung kesehatan Anda maupun perkembangan janin. Makanan tersebut juga harus bervariasi.

Anda dapat mencatat menu-menu ini:

  • Karbohidrat: roti, pasta, nasi, dan serealia. Pilih makanan dengan bahan dasar gandum dan konsumsi sebanyak sepertiga dari total kalori harian.
  • Protein: daging (kecuali hati), ikan, dan telur.
  • Produk susu: susu, yoghurt, dan keju. Pilih produk rendah lemak bila IMT Anda overweight atau obese.
  • Buah dan sayur, sebanyak lima porsi sehari.

Jika Anda terbiasa makan makanan manis dan mengenyangkan selama kehamilan, segeralah ubah. Lebih baik makan sering tetapi dengan porsi kecil. Secara umum, hal tersebut dapat membantu mengurangi rasa mual.

Beberapa wanita hamil juga mengalami peningkatan nafsu makan. Untuk mengontrolnya, konsumsilah makanan tinggi serat (dan makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari), minum cukup air, dan berolahraga secara teratur. Semoga membantu, ya!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar