Kesehatan Anak

Makanan Organik Apakah Baik Dikonsumsi si Kecil?

dr. Karin Wiradarma, 30 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Makanan organik dipercaya berkhasiat bagi kesehatan, terutama untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Makanan Organik Apakah Baik Dikonsumsi si Kecil?

Banyak informasi yang menyatakan bahwa makanan organik lebih baik dan bergizi ketimbang makanan non organik. Ini membuat kaum ibu berlomba- lomba untuk memberikan MPASI organik bagi si Kecil.

Makanan organik merupakan makanan yang berasal dari bahan tumbuhan atau hewan tanpa terpapar pestisida, pupuk buatan, atau obat antibiotik. Selain itu, makanan organik juga tidak boleh mengandung pengawet, pewarna dan perasa buatan.

Meski demikian, apakah makanan organik lebih sehat dan bergizi serta baik untuk dikonsumsi oleh si Kecil? Berikut kelebihan dan kekurangan dari makanan organik:

  • Kelebihan Makanan Organik

    Karena makanan organik tidak mengandung zat-zat kimia yang dianggap berbahaya, makanan ini dianggap lebih aman bagi kesehatan. Bahkan tak hanya itu, MPASI organik juga dianggap baik untuk tumbuh kembang si Kecil.Meski demikian, menurut penelitian yang dilakukan oleh pemerintah Amerika, makanan organik didapati tidak memiliki gizi yang lebih tinggi dibandingkan dengan non organik.
  • Kekurangan Makanan Organik

    Meskipun si Kecil bisa mendapatkan manfaat yang banyak dengan mengonsumsi MPASI organik, makanan organik umumnya lebih susah didapat. Selain itu, harganya pun umumnya lebih mahal.

Memang tak ada yang salah, baik memberikan MPASI makanan organik maupun non organik untuk Si Kecil. Namun hal yang jauh lebih penting adalah memastikan kandungan gizi yang lengkap dan seimbang. (DA/ RH)

Gizi AnakMPASIMakanan Organik

Konsultasi Dokter Terkait