Sukses

4 Kiat Mengatasi Jerawat Membandel

Jerawat membandel tentu dapat memengaruhi penampilan dan rasa percaya diri. Bagaimana cara mengatasinya?

Jerawat merupakan penyakit kulit yang dapat timbul pada berbagai bagian tubuh, terutama wajah. Kehadiran jerawat kerap dipicu oleh berbagai faktor. Mulai dari produksi hormon dalam tubuh, aktivitas kelenjar minyak, infeksi bakteri pada pori-pori kulit, genetik, dan stres.

Oleh karena itu, agar jerawat dapat teratasi hingga tuntas, faktor pemicunya juga perlu diperhatikan. Berikut beberapa tip yang dapat diterapkan untuk mengatasi jerawat membandel :

1. Menjaga kebersihan wajah 

Pastikan Anda mencuci wajah setidaknya dua kali sehari dengan air dingin dan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Dengan demikian, kulit akan tetap terlihat segar sepanjang hari.

Artikel Lainnya: Jangan Abai, Ini Komplikasi Jerawat Jika Tidak Ditangani Tuntas

2. Menghindari stres 

Stres diketahui dapat memicu jerawat. Apabila Anda memiliki gaya hidup yang penuh tekanan, biasakanlah diri untuk merasa nyaman dalam situasi tersebut. Lihatlah perubahannya pada wajah Anda.

3. Konsumsi makanan yang baik bagi kulit

Makanan yang kaya akan antioksidan dikenal memiliki manfaat baik untuk mencegah proses peradangan pada kulit. Secara umum, buah-buahan, sayur-sayuran, dan teh sangat kaya akan antioksidan yang menjaga kulit tetap cemerlang.

4. Berkonsultasi dengan dokter 

Salah satu kiat dalam mengatasi jerawat yang membandel adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dengan demikian, jerawat Anda akan mendapat penanganan yang paling sesuai. Dokter bisa saja menyarankan Anda untuk menggunakan krim, salep, obat minum, ataupun prosedur tertentu seperti chemical peeling.

Mengatasi jerawat yang membandel memang membutuhkan kesabaran yang cukup tinggi. Namun, bila Anda tekun melakukan kiat yang telah dijelaskan di atas, kulit wajah Anda akan tampak lebih cerah setiap hari. Selamat mencoba!

(DA/ RH)

 

4 Komentar