HomeGaya hidupSehat dan BugarKapan Saja Rumah Perlu Dibersihkan?
Sehat dan Bugar

Kapan Saja Rumah Perlu Dibersihkan?

dr. Sara Elise Wijono MRes, 29 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Bagi Anda yang super sibuk terkadang bisa saja Anda tak sempat membersihkan rumah.

Kapan Saja Rumah Perlu Dibersihkan?

Anda terbiasa membersihkan rumah seminggu sekali? Bagi Anda yang memiliki jadwal padat, hal ini bisa saja terjadi. Namun, ada masa khusus di mana rumah harus dibersihkan.

Bila tidak segera dibersihkan, rumah bisa menjadi sarang penyakit. Anda tidak mau kan seluruh anggota keluarga terserang penyakit gara-gara rumah kotor?

Lantas kapan saja rumah perlu dibersihkan? Jadi, kapan waktu kritis tersebut?

1. Saat ada anggota keluarga sakit

Ketika ada salah satu anggota keluarga sakit –entah batuk atau pilek– kuman atau virus penyebab penyakit tersebut akan tersebar ke seluruh rumah. Jika tidak mendapat perhatian khusus, mudah sekali bagi anggota keluarga lain akan tertular. Bersihkan bagian- bagian yang disentuh banyak orang, seperti gagang pintu atau sakelar lampu.

2. Periode awal pertumbuhan anak

Anak, terutama pada awal masa pertumbuhannya, memiliki kecenderungan memasukkan berbagai macam barang ke dalam mulutnya. Jika kebersihan rumah tidak dijaga, kuman akan ikut masuk dan tertelan anak. Akibatnya bisa timbul gangguan pencernaan seperti muntah atau diare.

3. Di saat musim hujan

Setiap anggota keluarga berkesempatan membawa kuman penyakit dari luar rumah. Misalnya melalui sepatu yang kotor terkena lumpur. Selain itu, serangga terutama nyamuk akan berkembang biak dengan baik pada musim hujan. Itu sebabnya wabah demam berdarah bermunculan saat musim hujan.

4. Saat ada hewan masuk ke dalam rumah

Hewan, baik peliharaan maupun liar, merupakan salah satu sumber kuman. Masalahnya hewan sering kali berkeliaran di luar rumah, sehingga dapat membawa kuman dari luar masuk ke rumah. Jika memiliki hewan peliharaan yang tinggal di dalam rumah, perhatikanlah kebersihannya dengan teratur memandikannya. Setiap kali hewan peliharaan ingin masuk ke rumah, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu.

5. Saat pesta atau jamuan besar di rumah

Adanya pesta atau jamuan yang diadakan di rumah tentu akan membuat ada banyak orang yang masuk ke rumah. Anda tentu tidak dapat memastikan bahwa semua tamu tersebut dalam kondisi kesehatan yang prima. Oleh karena itu, bersihkanlah rumah segera setelah acara berakhir.

Nah, demikian tadi beberapa waktu khusus di mana rumah harus dibersihkan. Meski demikan, Anda tetap perlu membersihkan rumah secara rutin. Setiap kebiasaan sah-sah saja, asalkan tidak ada satu area pun yang terlewatkan.

(BA/ RH)

rumahMembersihkan rumahrumah sehat

Konsultasi Dokter Terkait