Sukses

Berenang Sembuhkan Asma, Mitos atau Fakta?

Katanya, berenang efektif untuk sembuhkan asma. Benarkah? Ketahui fakta medisnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Hampir setiap orang suka berenang. Selain menyehatkan, aktivitas ini juga menyenangkan. Di balik itu, konon berenang juga bisa sembuhkan asma. Bagaimana pandangan dunia medis mengenai hal ini?

Berenang adalah cabang olahraga yang dapat melatih otot-otot pernapasan. Aktivitas menyehatkan ini mampu membantu meningkatkan volume paru, melatih teknik pernapasan yang lebih baik, dan menjaga tubuh tetap bugar.

Terkait manfaatnya untuk menyembuhkan asma, penelitian dilakukan dengan membagi subyeknya menjadi 2 grup. Grup pertama menjalani program berenang selama 6 minggu sebagai tambahan terapi asma reguler. Sedangkan grup kedua tidak melakukannya.

Hasilnya mengejutkan. Grup yang menggunakan aktivitas berenang sebagai tambahan terapi asma reguler menunjukkan perbaikan gejala yang signifikan. Ini termasuk frekuensi dirawat dan kunjungan ke UGD.

Tak hanya itu, penderita asma yang tergabung dalam grup ini juga mengalami penurunan tingkat keparahan asma, frekuensi mendengkur, dan perbaikan bentuk dada.

Semuanya itu turut memperkecil risiko penyempitan saluran napas.

Dari penelitian di atas, dapat dikatakan bahwa berenang terbukti bisa menyembuhkan asma. Namun demikian, bukan berarti aktivitas sehat ini tidak memiliki risiko sama sekali.
Zat klorin atau kaporit yang ada di kolam renang bisa memicu alergi. Pada penderita asma, hal ini akan memperbesar risiko kekambuhan.

Selain itu, ada aturan-aturan yang perlu diperhatikan bagi penderita asma sebelum berenang. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Selalu lakukan peregangan sebelum menceburkan diri ke kolam renang.
  2. Ajak anggota keluarga yang sehat untuk mendampingi aktivitas berenang yang Anda lakukan.
  3. Jangan tinggalkan pengobatan reguler yang diberikan oleh dokter.
  4. Cukupi kebutuhan nutrisi harian.
  5. Istirahat cukup.
  6. Terapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Jika Anda masih ragu terkait fungsi berenang untuk sembuhkan asma, segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar