HomeIbu Dan anakKesehatan AnakIni Dia Hubungan antara Alergi dengan Asma
Kesehatan Anak

Ini Dia Hubungan antara Alergi dengan Asma

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 27 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Menderita asma, alergi, atau kedua-duanya? Temukan hubungan alergi dengan asma di sini.

Ini Dia Hubungan antara Alergi dengan Asma

Udara dingin di pagi hari membuat beberapa orang bersin-bersin hingga matanya berair. Sedangkan, beberapa lainnya bisa mengalami sesak yang menyiksa. Alergi dingin atau menderita asma?

Alergi dan asma adalah kondisi yang mirip, dengan penyebab yang sama-sama sulit dijelaskan. Keduanya dapat muncul bersamaan pada seseorang. Kasus ini disebabkan oleh kontribusi genetik yang mirip pada alergi dan asma.

Alergi itu sendiri merupakan reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap unsur yang normalnya tidak menyebabkan penyakit (alergen). Dalam hal ini, reaksi yang timbul dapat berupa asma, rhinitis alergi, dan dermatitis atopik. Pencetusnya pun bermacam-macam –bisa karena serbuk putik, makanan, tungau, atau udara dingin.

Sedangkan asma adalah sebuah sindrom yang memilki ciri khas adanya inflamasi kronik pada saluran pernapasan bawah. Inflamasi ini berakibat pada sumbatan jalan napas yang akan menimbulkan batuk berulang, sesak, dan napas yang berdenging (mengi).

Asma biasanya tidak dialami sepanjang hari, melainkan hilang- timbul. Artinya, saat keluhan terjadi, penderita akan merasa kehabisan atau kehilangan napas. Selain itu juga dapat disertai serangan panik yang akan memperparah gejala.

Sekarang Anda sudah lebih memahami hubungan antara alergi dengan asma, kan? Semoga tulisan ini dapat menjawab rasa penasaran Anda.

(NB / RH)

AsmaAlergi

Konsultasi Dokter Terkait