Sukses

Larangan pada Wanita Hamil yang Sebenarnya Hanya Mitos

Wanita hamil biasanya sering mendapat saran dari keluarga dan orang- orang di sekitarnya. Sebenarnya, manakah yang mitos dan fakta?

Klikdokter.com, Jakarta Cukup banyak mitos seputar kehamilan yang beredar di masyarakat. Meskipun banyak wanita hamil yang sudah bergaya hidup modern, tetapi tidak sedikit dari mereka yang percaya.

Berikut ini mitos dan fakta seputar kehamilan yang sering menjadi perdebatan:

  1. “Makan nanas dapat menyebabkan keguguran.”

    Nanas adalah pilihan buah yang aman dan sehat selama kehamilan. Hingga saat ini, belum ada bukti penelitian yang menyatakan nanas membahayakan kehamilan.

    Faktanya, nanas mengandung bromelain. Namun, jumlah kandungan bromelain pada takaran saji nanas tidak banyak berpengaruh pada kehamilan. Oleh karena itu, konsumsi nanas dalam jumlah yang tidak berlebihan cukup aman selama kehamilan.

  2. “Minum es atau minuman dingin selama hamil bisa membuat bayi lahir besar.”

    Mungkin Anda pernah disarankan untuk menghindari minum es. Tenang, konsumsi es atau minuman dingin saat hamil tidak membuat bayi besar. Hal yang perlu diwaspadai sebenarnya bukan es atau airnya, melainkan campuran dalam cairan tersebut.

    Perhatikan kandungan gula dan kalori pada minuman dingin tersebut. Kandungan gula itulah yang bisa membuat janin di dalam kandungan membesar dan di atas normal.

  3. “Tidur siang akan mengganggu pertumbuhan janin.”

    Bagi wanita hamil, istirahat yang cukup adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan pertumbuhan janin. Wanita hamil sebaiknya menyempatkan tidur siang, terutama ketika menginjak usia kehamilan trimester pertama dan terakhir.

    Kendati demikian, keseimbangan jumlah jam tidur siang dan malam harus diperhatikan. Jika tidur siang terlalu lama, umumnya akan susah tidur pada malam hari.

    Padahal, tidur malam adalah prioritas dan jauh lebih penting bagi wanita hamil. Karena itu, wanita hamil sebaiknya tidak tidur siang lebih dari tiga jam.

  4. “Wanita hamil tidak boleh makan durian.”

    Durian aman untuk dimakan selama kehamilan, asalkan dalam porsi yang tidak berlebihan. Hingga saat ini, belum ada studi yang menunjukkan konsumsi durian dapat berakibat buruk bagi wanita hamil. Tapi, belum ada juga studi yang mendukung konsumsi durian selama kehamilan.

    Durian mengandung karbohidrat dan kadar gula yang tinggi. Maka, wanita hamil dengan diabetes gestasional sebaiknya menghindari konsumsi durian. Durian juga memiliki banyak serat, karena itu baik untuk mencegah konstipasi yang sering terjadi selama kehamilan.

Jangan sampai terjebak mitos- mitos kehamilan yang belum tentu benar. Sebelum menerapkannya, silakan bertanya dan berdiskusi dulu dengan dokter kandungan Anda.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar