Sukses

Makanan Instan Organik, Sehatkah?

Makanan organik dikenal lebih sehat. Bagaimana dengan makanan instan organik?

Klikdokter.com, Jakarta Kini banyak Bunda yang ingin memberikan makanan organik ke Si Kecil. Alasannya, makanan organik dikenal lebih sehat. Tapi apakah hal ini juga berlaku untuk makanan instan organik?

Mengenal makanan organik

Makanan organik adalah makanan yang dalam proses penanaman, pemeliharaan, atau pengolahannya tidak menggunakan bahan kimia. Bahan kimia tersebut bisa berupa pupuk kimia, pestisida, antibiotik, hormon, pengawet, pewarna, atau bahan sintetik lainnya. Selain itu, makanan organik juga tidak menggunakan radiasi maupun manipulasi genetik.

Tanaman organik menggunakan pupuk alami dalam proses pertumbuhannya. Penggunaan pestisida kimia pun ditiadakan dan diganti dengan menghalau hama secara manual. Begitu juga dengan hewan organik yang tidak diberikan hormon atau antibiotik.

Karena itulah banyak yang beranggapan bahwa makanan organik lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi dibandingkan makanan non-organik. Makanan organik juga dikenal memiliki rasa yang lebih enak.

Makanan instan organik

Bahan pangan organik terdapat pada buah, sayuran, biji-bijian, daging, dan produk susu. Memang, harganya lebih mahal daripada makanan biasa. Sebab, dalam prosesnya membutuhkan banyak biaya. Namun makanan organik lokal biasanya lebih murah dan masih terjangkau.

Seiring dengan banyaknya peminat makanan organik, jenis makanan ini tak lagi hanya berupa bahan pangan mentah. Kini mulai banyak menjamur makanan olahan atau makanan instan organik.

Tapi, hati-hati! Meski menggunakan label organic, makanan instan organik belum tentu lebih sehat dari makanan non-organik. Beberapa makanan organik olahan atau instan bisa saja mengandung gula, garam, lemak, dan kalori yang tinggi. Bahkan tak jarang, kandungannya pun sangat tinggi.

Agar tidak terkecoh, bacalah terlebih dahulu label kemasan makanan instan organik. Label organik tersebut juga harus memiliki sertifikat resmi dari badan terpercaya. Kemudian, pilihlah makanan instan organik dengan kandungan minimal 95 persen bahan dasar organik.

Jadi, cermatlah dalam memilih makanan instan organik untuk Si Kecil. Jangan sampai salah pilih dan akhirnya justru merugikan Bunda.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar