Sukses

Tip Sederhana Menaikkan Berat Badan Anak

Menaikkan berat badan anak memang tidak semudah kelihatannya. Tapi Anda tak perlu khawatir. Ini tip sederhana yang bisa Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Menaikkan berat badan anak merupakan perkara yang tergolong susah- susah gampang. Berbagai upaya sudah dilakukan, namun jarum timbangan sulit sekali beranjak dari angka yang sama dari dari bulan-ke-bulan.

Tidak perlu khawatir, ini tip yang dapat Anda coba lakukan untuk menaikkan berat badan anak:

  1. Asupan kalori yang cukup

    Kenaikan berat badan dapat terjadi apabila jumlah kalori yang masuk (input) lebih besar daripada jumlah kalori yang dikeluarkan (output). Ini berarti jumlah asupan makanan harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori anak.

    Untuk anak berusia 1-3 tahun, kebutuhan kalorinya adalah sekitar 100 kkal/kg BB ideal*. Sedangkan untuk anak berusia 4-6 tahun, kebutuhannya adalah sekitar 90 kkal/kg BB ideal*.

    (*BB ideal = berat badan seharusnya untuk anak dengan jenis kelamin dan tinggi badannya saat ini).

  2. Menu makanan bervariasi

    Selain kuantitas, kualitas menu makanan juga memegang peranan penting. Diet yang dianjurkan untuk anak adalah diet bergizi seimbang. Artinya, mengandung semua makronutrien maupun mikronutrien yang dibutuhkan anak.

    Contoh makronutrien adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Untuk mudahnya, berilah makanan sehat dengan jenis yang bervariasi agar mengandung berbagai macam nutrisi.

  3. Cara pemberian makan yang tepat

    Jumlah target kalori sering kali sulit tercapai, karena anak sulit makan. Untuk menyiasatinya, orangtua dapat makan bersama-sama dengan anak, menyajikan makanan dalam bentuk yang menarik, atau memberikan menu bervariasi agar tidak membosankan.

    Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah jadwal pemberian makan. Biasakan untuk memberi makan pada jam-jam tertentu yang sudah ditetapkan, misalnya 3 kali makan besar dan 2 kali camilan.

    Di luar jadwal tersebut, anak tidak dianjurkan untuk makan camilan atau minum susu. Ini dimaksudkan agar anak mengenal rasa lapar dan dapat memahami bahwa makan pada jam makan merupakan kebutuhan, bukan kewajiban.

  4. Cukup istirahat

    Tubuh bertumbuh dengan optimal saat anak sedang tidur. Oleh Karena itu, setiap anak harus mendapatkan istirahat yang cukup. Tidur siang sangat dianjurkan, ahkan wajib, untuk balita dan tidur malam minimal 8 jam sehari.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, terapkan tip sederhana menaikkan berat badan anak di atas sekarang juga.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar