Sukses

Mengetahui Penyebab Alergi yang Kerap Menyerang Anda

Saat seseorang terserang alergi, makanan kerap dijadikan kambing hitam. Tapi makanan bukanlah satu- satunya penyebab alergi.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak yang beranggapan bahwa makanan merupakan penyebab seseorang terserang alergi. Faktanya ada banyak faktor yang bisa memicu alergi. Tidak hanya makanan, alergi juga dapat disebabkan serangga, obat- obatan, bahan kimia, serbuk sari bunga, dan penyebab lainnya.

Reaksi alergi merupakan respons yang kompleks dalam tubuh. Adanya benda asing yang terpapar pada tubuh menyebabkan sel imunitas tubuh bereaksi terlalu berlebihan sehingga muncullah gejala alergi.

Alergi sendiri dapat menyebabkan berbagai keluhan pada tubuh. Mulai dari gangguan pada kulit –seperti biduran dan eksema, gangguan pada mata seperti mata berair dan gatal, gangguan pada hidung berupa hidung berair, gangguan pada saluran napas seperti asma, dan gangguan pada saluran pencernaan seperti diare.

Alergi makanan kebanyakan disebabkan oleh susu sapi, telur, dan kacang. Selain itu, makanan yang banyak mengandung protein seperti udang dan ikan juga dapat menimbulkan reaksi alergi.

Pada daerah yang mengalami 4 musim, alergi paling sering terjadi pada musim semi. Ini berhubungan dengan mekarnya bunga- bunga dan banyaknya serbuk sari bunga yang bertebaran. Situasi ini menyebabkan alergi pollen (serbuk sari).
Bagaimana dengan negara tropis seperti Indonesia yang hanya memiliki 2 musim? Di Indonesia, reaksi alergi lebih paling sering disebabkan oleh tungau dan debu rumah.

Untuk mengidentifikasi penyebab alergi, dokter kerap melakukan uji cukil kulit dan pemeriksaan darah. Bila sudah mendapatkan hasil dan mengetahui penyebab alergi, maka yang harus Anda lakukan adalah menghindarinya.

Kini Anda tahu bahwa reaksi alergi dapat muncul dalam berbagai bentuk. Penyebabnya pun ada bermacam- macam. Jadi, jika mengalami gejala alergi segera periksakan diri ke dokter.

(DA/ RH)

1 Komentar