Sukses

Gigi Ngilu Tidak Melulu Akibat Gigi Berlubang

Selain gigi berlubang, tahukah Anda ada kondisi lain yang juga bisa sebabkan gigi ngilu? Simak di sini.

Sebagian besar orang pasti pernah merasakan gigi ngilu. Namun, karena sifatnya yang tidak mudah diketahui, tidak sedikit penderitanya yang mengacuhkan kejadian ini. Jangan- jangan, Anda salah satunya.

Saran kami, jangan mengabaikan rasa ngilu di gigi! Tapi pertama- tama, ada baiknya bagi Anda untuk mengenali penyebab gigi ngilu.

Salah satu kondisi yang dituding menjadi penyebab gigi ngilu adalah gigi berlubang. Kondisi ini memang bisa menimulkan ngilu. Sebab, gigi yang berlubang telah kehilangan sebagian lapisan enamel, yaitu struktur jaringan gigi paling keras.

Namun jangan salah, ternyata gigi tidak berlubang pun bisa membuat gigi ngilu, lho! Menurut British Dental Journal, penyebab gigi ngilu yang paling sering terjadi adalah gigi sensitif.

Artikel Lainnya : Pentingnya Mineral untuk Gigi Sensitif, Bisa Atasi Ngilu?

Gigi sensitif itu sendiri disebabkan oleh erosi dan abrasi pada gigi, yang akibat penurunan gusi. Hal ini menyebabkan terbukanya akar gigi. Bila terkena gesekan yang terlalu keras atau terpapar pasta gigi yang bersifat mengikis (abrasif), bagian akar gigi yang terbuka ini dapat memicu rasa ngilu.

Tak hanya itu, gigi ngilu akibat gigi sensitif juga bisa terjadi akibat paparan zat asam yang terus- menerus. Zat asam tersebut bisa berasal dari makanan/ minuman yang mengandung asam sitrat, alkohol, soda, maupun dari refluks lambung.

Jadi, apabila Anda kerap mengalami gigi ngilu, sebaiknya jangan buru-buru menuding gigi berlubang yang jadi biang keladinya, ya! Cari tau penyebabnya dengan berkonsultasi pada dokter gigi. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat.

(NB/RH)

1 dari 2 halaman

Ganti Pasta Gigi Anda

Khawatir gigi ngilu kambuh di saat- saat penting? Sebaiknya ganti pasta gigi Anda dengan Sensodyne® sekarang juga. Sensodyne® adalah pasta gigi untuk lindungi gigi dari rasa ngilu akibat gigi sensitif nomor 1 di Indonesia. Sensodyne® tersedia dalam berbagai varian, yang setiap variannya memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Sensodyne® Fresh MintMencegah ngilu akibat gigi sensitif, mencegah kejadian gigi berlubang, serta membuat mulut Anda terasa segar dan bersih seharian.
  • Sensodyne® Cool GelMencegah ngilu akibat gigi sensitif. Gel biru sejuknya juga dapat mempertahankan kesegaran mulut seharian.
  • Sensodyne® OriginalKandungan strontium chloride-nya memberikan Anda perlindungan dari rasa ngilu akibat gigi sensitif selama 24 jam.
  • Sensodyne® Gentle WhiteningMencegah rasa ngilu akibat gigi sensitif, sekaligus mengembalikan warna putih alami gigi.
  • Sensodyne® Gum CareDiformulasikan khusus untuk cegah ngilu akibat gigi sensitif, sekaligus menjaga kesehatan gusi.
  • Sensodyne® Total CareMencegah ngilu akibat gigi sensitif, membantu mengurangi plak, dan menjaga gusi tetap sehat.
  • Sensodyne® RapidReliefBekerja secara cepat, melindungi Anda dari rasa ngilu akibat gigi sensitif. Jika dioleskan langsung pada gigi yang terasa ngilu, dalam 60 detik keluhan akan hilang.
  • Sensodyne® Repair and ProtectDengan teknologi novamin, membentuk kembali lapisan mineral gigi hingga 1,5 kali lebih kuat, sehinggga ngilu akibat gigi sensitif bukan lagi ancaman.

Ingin mencegah gigi sensitif? Anda bisa mengikuti Online Check Up Tool dari Sensodyne untuk mendeteksi masalah gigi sensitif.

Tunggu apalagi? Yuk,coba fitur tersebut dan gunakan Sensodyne® sekarang juga! Dengan begitu, Anda bisa ucapkan selamat tinggal pada gigi ngilu, yang kerap menjadi benalu.

(NB/ RH)

34 Komentar