Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaanAwas, Mengonsumsi Obat-obatan Bisa Sakit Mag
Pencernaan

Awas, Mengonsumsi Obat-obatan Bisa Sakit Mag

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 01 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Awas, mengonsumsi obat-obatan dapat menimbulkan efek samping sakit mag. Cari tahu informasinya disini.

Awas, Mengonsumsi Obat-obatan Bisa Sakit Mag

Dispepsia, atau juga dikenal dengan istilah mag, dapat menimbulkan berbagai gejala. Beberapa di antaranya adalah nyeri perut, kembung, mual, dan muntah. Penyebab mag sebenarnya dapat ditimbulkan dari beberapa faktor, salah satunya adalah konsumsi golongan obat-obatan tertentu.

Mag atau dispepsia akibat obat dikenal dengan sebutan drug-induced dyspepsia. Ini adalah kondisi timbulnya gejala mag akibat efek samping mengonsumsi golongan obat-obatan tertentu.

Gejala yang timbul akibat drug-induced dyspepsia pada umumnya sama dengan gejala mag pada umumnya. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi orang yang mengalaminya.

Berikut ini beberapa golongan obat yang dapat menimbulkan sakit mag, yaitu acarbose, alkohol, alendronat, cisapride, kodein, preparat besi, metformin, dan obat antiinflamasi non-steroid. Selain itu juga beberapa golongan antibiotik oral, kortikosteroid, teofilin, dan aspilet.

Jika Anda harus mengonsumsi obat-obatan tersebut, pastikan Anda melakukannya setelah makan. Namun, mengurangi dosis atau menghentikan sementara obat yang dikonsumsi dapat meredakan gejala sakit mag pada sebagian besar orang.

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit mag dan kerap mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Dengan demikian Anda akan mendapatkan pengobatan yang aman untuk lambung.

(DA/ RH)

minum obatSakit magMag

Konsultasi Dokter Terkait