Kehamilan

Bolehkah Mengonsumsi Obat Mag Saat Hamil?

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 01 Mar 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit mag saat sedang hamil rasanya tentu sangat menyiksa. Tapi, amankah mengonsumsi obat mag?

Bolehkah Mengonsumsi Obat Mag Saat Hamil?

Penyakit mag merupakan kondisi yang dapat timbul sebagai akibat dari peningkatan asam lambung yang berlebih. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, termasuk wanita hamil. Adakah aturan khusus mengonsumsi obat mag bagi wanita hamil?

Mula- mula, ada baiknya Anda mengetahui gejala penyakit mag pada wanita hamil. Umumnya gejala yang muncul berupa rasa terbakar pada dada, asam lambung naik ke kerongkongan, mual, muntah, bersendawa yang berlebih, serta rasa kembung.

Wanita hamil cenderung lebih berisiko mengalami sakit mag karena adanya perubahan hormonal yang dialami selama kehamilan. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi peningkatan tekanan pada lambung akibat tekanan dari rahim yang membesar.

Penanganan untuk keluhan mag dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Misalnya dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih sedikit, menghindari konsumsi kopi, cokelat, serta makanan yang asam dan pedas. Selain itu juga perlu olahraga secara rutin. Lalu bolehkah mengatasinya dengan mengonsumsi obat mag? Obat yang cukup aman dikonsumsi selama masa kehamilan adalah antasida.

Sakit mag saat hamil memang akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun sebelum buru- buru mengonsumsi obat mag, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter obat yang aman bagi Anda dan janin dalam kandungan.

(DA/ RH)

Wanita HamilObat Sakit MagMag

Konsultasi Dokter Terkait