Sukses

Mengetahui Berat Badan Ideal Anak Sesuai Usia

Berat badan kerap dijadikan indikator optimal/ tidaknya pertumbuhan anak. Lantas, berapa berat badan ideal anak sesuai usianya?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orangtua pasti memantau perkembangan berat badan anaknya dari waktu-ke-waktu. Namun tak sedikit yang masih belum mengetahui berapa berat badan anak sesuai usianya. Anda salah satunya?

Untuk mengetahui berat badan ideal anak sesuai usia, Anda tidak perlu repot-repot menghitungnya menggunakan rumus matematika. Karena berat badan ideal sesuai usia dapat dilihat dari grafik pertumbuhan anak.

Untuk anak di bawah 5 tahun, yang digunakan adalah grafik pertumbuhan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Grafik ini terbagi untuk anak perempuan atau anak laki-laki.

Berikut adalah contoh grafik berat badan ideal berdasarkan usia untuk anak perempuan berusia 0-2 tahun.

Pada grafik tersebut, dapat diketahui parameter usia pada garis horizontal, dan berat badan pada garis vertikal. Selain itu, terdapat pula garis melengkung dengan tanda 3, 2, 0, -2, serta -3.

Cara menginterpretasikan berat badan anak adalah dengan menentukan angka usia pada garis horizontal, serta menentukan angka berat badan pada garis vertikal. Selanjutnya, hubungkan angka pada garis horizontal dengan angka pada garis vertical, hingga mendapat titik temu.

Apabila titik temu tersebut berada di antara garis lengkung -2 sampai 2, maka berat badan anak dapat dikategorikan normal atau sesuai dengan usianya. Namun apabila titik temu berada di bawah garis lengkung -2, maka berat badan anak tergolong kurang untuk anak seusianya.

Begitu pula sebaliknya. Bila titik temu berada di atas garis lengkung 2 maka berat badan anak tergolong lebih untuk anak seusianya.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan anak tidak hanya dinilai dari keadaan berat badan saja. Namun juga harus menilai tinggi badan anak, lingkar kepala, tinggi potensi genetik (dihitung berdasarkan tinggi badan ayah dan ibunya), serta adanya kondisi kesehatan tertentu pada anak.

Maka, untuk mengetahui status gizi anak secara pasti, Anda dapat meminta dokter spesialis anak untuk menghitung dan menilainya. Karena sekali lagi, ini tidak dapat diketahui hanya dari berat badan anak saja.

(NB/ RH)

1 Komentar